Apa itu NFT? Kenapa Ghozali Kaya? Ini 9+ Penjelasan Lengkapnya!

Saat ini banyak istilah-istilah baru yang menjadi booming di masyarakat. Seperti crypto, metaverse, bitcoin dan NFT.

Terutama sejak viralnya Ghozali Everyday yang menjadi kaya raya berkat berhasil menjual foto selfie NFTnya dengan harga miliaran rupiah.

Lantas banyak orang yang bertanya, apa itu NFT sih? Kenapa bisa bikin kaya?

Nah pada artikel ini, kita akan membahas seluk beluk NFT secara lengkap.

So, buat kamu yang mau belajar, yuk langsung simak ya!

Apa itu NFT ?

apa itu nft

NFT adalah singkatan dari non-fungible token.

Jika dibahasa-indonesiakan artinya adalah token yang gak bisa dipertukarkan.

Agar mudah memahami, mari kita pecah satu per satu.

Pertama, fungible.

Fungible artinya sepadan atau senilai. Contohnya kalo saya punya 1 lembar uang Rp. 100.000, maka ini senilai dengan 2 lembar uang Rp.50.000,. Artinya uang saya bisa dipertukarkan dengan nilai yang sama.

Non-fungible berarti tidak ada nilai sepadannya. Contohnya seperti lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci. Ini gak bisa dipertukarkan karena gak ada nilai sepadannya.

Kedua, token.

Token secara sederhana adalah sertifikat aset digital. Token mewakili nilai dari suatu barang tertentu. Contoh kalo kamu membeli token listrik, kamu akan mendapatkan sederetan angka-angka.

Nah token itulah yang mewakili bahwa kamu punya sejumlah paket daya untuk nyalain listrik di rumah kamu.

Contoh lain, kalo kamu punya sertifikat tanah. Sertifikat itu adalah tanda bahwa kamu punya sebidang tanah. Tanda kepemilikanmu ini diakui dan diamankan oleh negara.

Nah dalam NFT, token adalah sertifikat yang mewakili kepemilikan dari satu aset digital. Siapa yang mengakui dan mengamankannya? Bukan negara. Tapi suatu sistem yang disebut blockchain.

apa itu nft

Jadi jika digabungkan, NFT (Non-Fungible Token) adalah sebuah aset di dunia digital yang sertifikat kepemilikannya unik (hanya kamu yang punya) dan gak bisa depertukarkan dengan aset digital lainnya.

Kenapa NFT itu Mahal?

Cara paling simple untuk memahami kenapa NFT itu mahal adalah dengan membayangkan sebuah lukisan mahal atau benda-benda bersejarah di museum. Jawabannya satu, karena dia unik dan langkah.

Begitupula dengan NFT.

Sistem blockchain membuat NFT itu unik dan spesial. Karena gak bisa dicopy apalagi diduplikasi. Meskipun kamu bisa screenshot foto selfienya Ghozaly Everyday, tapi tetap saja sertifikat kepemilikannya bukan di kamu.

Jadi gak bisa kamu jual atau nikmati hasilnya.

Mungkin ada yang bertanya, trus kenapa fotonya Ghozali bisa dihargai Mahal? Sampai milliaran rupiah. Kan cuma foto selfi. Bukan lukisan karya seniman seperti Da Vinci?

Jawabannya karena nilai sejarah dan story dari foto itu. Ghozali konsisten mengumpulkan foto selfinya selama 5 tahun setiap harinya. Bukankah itu cerita yang unik? Gak banyak orang yang bisa melakukan itu bukan? Nah, Nilai itulah yang gak bisa dinilai dengan uang.

Pantas, jika Ghozali menjadi kaya raya.

Di bagian akhir artikel ini, kita akan bahas tentang contoh-contoh NFT yang paling mahal yang pernah terjual.

Apa itu NFT art?

Perlu dipahami bahwa NFT ada beragam jenisnya. Mulai dari barang, benda koleksi hingga real estate.

Salah satu jenis NFT adalah NFT art. Yaitu NFT yang berbentuk karya seni digital (digital art). Contohnya berupa gambar, musik, video, animasi atau barang-barang koleksi digital lainnya. Foto Ghozali adalah salah satu bentuk NFT art.

Setiap karya seni digital ini mengandung kode unik yang menunjukkan metadata dari kepemilikan NFT tersebut. Sehingga membuat setiap karya seni itu unik dan gak bisa dicopy orang lain.

Dengan adanya NFT, ini sangat menguntungkan para seniman di seluruh dunia dalam menjual dan mendapatkan penghasilan dari karya seni mereka.

Jika dulu orang perlu mengadakan pameran untuk memajang karya-karyanya, maka kini cukup mengupload karya tersebut ke marketplace NFT.

Mereka juga akan mendapatkan royalti setiap kali karya mereka terjual atau berpindah kepemilikan.

Selain itu, para seniman tidak perlu khawatir mengenai pencurian hak cipta atau keamanan karya seni mereka, sebab karya seni ini akan dilindungi oleh sistem jaringan blockchain di seluruh dunia.

Marketplace NFT

Sebagaimana jual beli produk digital pada umumnya, NFT juga ada marketplace-nya. Tempat dimana para trader maupun investor menemukan produk-produk NFT. Bahkan beberapa marketplace menyediakan layanan untuk mencetak produk NFT tersebut.

Nah, buat kamu yang mau mulai trading NFT, berikut beberapa rekomendasi NFT Marketplace yang bisa kamu coba:

1. OpenSea

apa itu nft

OpenSea adalah marketplace NFT terbesar dan paling populer di seluruh dunia. Di Indonesia, OpenSea menjadi sangat terkenal setelah Ghozali berhasil menjual foto selfie miliknya dengan harga tinggi melalui marketplace ini.

OpenSea menyediakan layanan untuk mencetak, menjual dan membeli berbagai produk-produk NFT. Seperti Art, musik, fotografi, virtual world, trading card, sport dan lain sebagainya.

Saat ini OpenSea memiliki lebih dari 600.000 member dengan lebih dari 80 juta produk NFT tersedia. Melalui marketplace ini, kamu bisa melakukan NFT uni via smart contract.

2. Axie Marketplace

Axie Marketplace apa itu nft

Axie market adalah online shop untuk video game Axie Infinity yang juga dipertimbangkan sebagai salah satu pasar NFT terbesar di dunia.

Di marketplace ini pemain bisa membeli Axies baru, tanah, dan item lainnya sebagai NFT untuk digunakan pada game tersebut.

Dibangun di atas blockchain etherium, axie infinity telah memiliki total trading extent hingga 2,1 miliar USD. Jumlah penggunanya mencapai 15.000 orang di seluruh dunia. Rata-rata mereka yang merupakan penggemar gaming dan mata uang crypto.

3. SuperRare

apa itu nft

SuperRare adalah salah satu marketplace NFT yang diperuntukkan kepada para seniman digital.

Aset-aset yang dijual melalui SuperRare berfokus pada karya seni digital yang ekslusif. Seperti musik, video dan gambar 3D animasi.

Proses listing produk NFT di marketplace ini terbilang cukup ekslusif. Sebab melalui proses seleksi yang cukup ketat. Hal ini dilakukan agar aset-aset NFT yang ada merupakan karya terbaik.

Di pasar ini, semua karya seni NFT akan diautentikasi pada blockchain Ethereum untuk menghindari scam atau penipuan. Kamu juga bisa menampilkan koleksi virtual melalui VR gallery di SuperRare.

Bagi seniman yang ingin menjual karyanya melalui marketplace ini dibebankan biaya gas fee di awal sebesar 15%.

4. Foundation

Marketplace foundation adalah platform yang menghubungkan antara para kreator dengan kolektor dan penggemar NFT. Prosesnya juga cukup sederhana. Para kreator akan dijadikan sebagai central projek, dan akan mendapatkan fee 10% dari setiap transaksi.

Sejak dibangun pada awal 2021, platform marketplace Foundation telah berhasil menjual lebih dari $100 juta aset NFT.

Foundation lebih cocok untuk mereka para kreator yang sudah advance, di mana mereka mencari nilai dan keuntungan terbaik. Sementara bagi pemula aplikasi ini kurang cocok.

5. Rarible

Marketplace rekomendasi lain adalah Rarible. Platform ini mirip-mirip cara kerjanya dengan OpenSea. Namun mereka nampaknya terus melakukan inovasi dan menambah berbagai fitur-fitur baru untuk memanjakan penggunanya.

Di sini kamu bisa melakukan jual beli aset NFT dengan mudah tanpa perantara.

Marketplace ini menggunakan tiga rantai blockchain yang berbeda. Yakni Etherium, Flow dan Tezos. Sehingga para pengguna bisa melakukan transaksi jual beli NFT dari ketiga jaringan tersebut.

Pengguna rarible hingga saat ini mencapai 1,6 juta orang, dan telah melakukan transaksi NFT lebih dari 270 juta US dollar. Untuk setiap transaksi yang ada, Raribel menarik biaya sebesar 2,5% dari total transaksi.

NFT di Indonesia

Di Indonesia sendiri, pasar NFT belakangan menjadi sangat berkembang. Terutama setelah viralnya Ghozali effect. Namun sebenarnya NFT sudah berkembang di Indonesia jauh sebelum itu.

Banyak trader dan pemain NFT sudah melakukan transaksi NFT di Indonesia sejak tahun 2019. Melansir kompas, NFT muncul sebagai evolusi dari teknologi Colored Coins dalam ekosistem blockchain pada tahun 2012.

Awalnya, Colored Coins digunakan untuk memverifikasi kepemilikan aset seperti saham dan surat berharga lainnya.

Selanjutnya, teknologi itu digunakan untuk eksperimen aset karya seni sehingga menjadi NFT.

Saat ini bukan cuma masyarakat umum yang bermain NFT. Bahkan para public figure pun seperi Anang Hermansyah, Syahrini, Luna Maya dan sederet artis lainnya juga turut meramaikan dunia per-NFT-an Indonesia.

Bukti perkembangan dunia NFT di tanah air adalah lahirnya berbagai marketplace NFT lokal yang juga menyediakan layanan jual beli NFT dan aset digital lainnya. Beberapa marketplace NFT lokal antara lain;

Tokomall

apa itu nft

TokoMall merupakan pengembangan Toko Token (TKO) yang dibuat menggunakan jaringan Binance Smart Chain (BSC).

Marketplace NFT ini mendukung para seniman digital  kreator dan brand lokal yang ingin mengenalkan produk mereka lewat NFT.

Baliola

Sesuai namanya, marketplace ini mendukung para seniman dan kreator NFT dari bali untuk menjual produk mereka dengan konsep NFT. Marketplace ini merupakan paltform buatan kepeng.io cryptocurrency yang dibuat dengan teknologi blockchain.

Paras.ID

apa itu nft

Paras.id juga termasuk NFT marketplace Indonesia yang dibuat dengan teknologi blockchain. Platform ini memberikan kepemilikan mutlak dan kelangkaan aset digital. Untuk bisa membeli NFT di Paras.id, pengguna harus menggunakan cryptocurrency NEAR.

Artsky

Artsky merupakan salah satu marketplace buatan anak bangsa yang menyediakan platform untuk menjual dan membeli aset digital NFT. Beberapa contohnya antara lain musik, gambar, barang koleksi, 3D dan lain sebagainya.

Kolektible

Kolektibel merupakan NFT marketplace yang memiliki desain sederhana agar bisa digunakan masyarakat Indonesia dengan mudah dan optimal.

Marketplace ini dibuat menggunakan jaringan blockchain Vexanium. Ini adalah jaringan blockchain yang asli milik anak bangsa yang legal.

Contoh Games NFT

Selain dalam bentuk art dan barang-barang kolektibel, NFT juga kini merambah dunia games. Melalui beberapa games NFT, orang bisa mendapatkan uang kripto dengan bermain games. Istilahnya play-to-earn.

Beda dengan game konvensional, dimana aset atau hadiah yang kamu dapatkan hanya buat senang-senang saja, di games NFT kamu betul-betul memiliki hadiah tersebut. Dan itu semua bisa kamu perjual-belikan untuk mendapatkan uang real.

Saat ini ada banyak games yang berbasis NFT bisa kamu mainkan. Beberapa diantaranya antara lain:

Axie Infinity

apa itu nft

Ini adalah salah games NFT yang paling populer saat ini, dan merupakan games penghasil uang terbaik.

Cara kerjanya mirip dengan games pokemon, di mana terdapat banyak karakter makhluk fantasi yang bisa kamu mainkan untuk mendapatkan hadiah. Karakter tersebut disebut dengan axie.

Namun untuk memulai bermain games ini kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya kamu harus membeli setidaknya 3 karakter axie untuk bisa bermain. Di mana kebanyakan axie tersebut dihargai hingga 100 US dollar.

Binamars

apa itu nft

Di daftar kedua ada games Binamars. Games ini juga cukup populer, dibangun di atas jaringan Binance, yang merupakan salah jaringan cryptocurrency paling populer di dunia.

Cara bermain di games ini adalah dengan melakukan farming, bertarung melawan monster dan menjual item untuk mendapatkan koin BMARS. Koin ini, nantinya dapat ditukar menjadi saldo uang kripto.

Kekurangannya dari games ini adalah tidak bisa dimainkan di Android maupun IOS, tapi harus mengunjungi websitenya langsung di www.binamars.com. So, pastikan jaringan internet kamu kencang.

Crypto Kitties

apa itu nft

Ini adalah games NFT pertama yang dibangun di atas jaringan etherium. Game penghasil kripto dengan konsep play to earn ini memungkinkan pemain mendapatkan uang dengan jual beli aset kucing virtual dengan non-fungible token (NFT) ERC-721.

Simplenya yang bisa kamu lakukan di games ini adalah beternak kucing.

Melalui kucing jantan dan betina, nantinya kamu bisa menciptakan kucing baru yang unik dan langkah.

Keunikan tersebut dihasilkan dari genom kedua induknya. Bahkan di games ini, setiap perkawinan kucing bisa menghasilkan lebi dari 4 milliar variasi genetika yang berbeda.

Makin unik dan langkah kucingnya, maka harganya akan makin mahal.

Sorare

apa itu nft

Konsep games ini cukup berbeda dari sebelumnya. Games ini bertemakan fantasy footbal dalam bentuk kartu pemain bola terkenal.

Untuk menghasilkan uang krypto, yang perlu kamu lakukan adalah menyusun formasi pemain agar bisa mengalahkan lawan.

Untuk mulai bermain, di awal kamu akan mendapatkan 1 deck kartu pemain sebagai modal. Ada 3 level kartu yang tersedia yakni, unique, rare dan superrare.

Semakin baik formasi pemain kamu, dan semakin sering ia menang, maka harganya tentu akan semakin mahal.

Avarik Saga

apa itu nft

Avarik Saga adalah games NFT asli besutan indonesia. Karena itu ini menjadi salah satu games yang paling ditunggu di Asia Tenggara.

Avarik Saga adalah game dengan genre strategi dan menggunakan Japanese role-playing video game (JRPG). Untuk mendapatkan uang dari games ini, yang perlu kamu lakukan adalah menjelajah dan menigkatkan skill untuk bertahan hidup sambil mencari keuntungan sebanyak mungkin.

Games ini menggunakakn 2 token khusus bernama $VORTEM dan $AVRK. Buat kamu yang ingin mencoba game ini, kamu perlu bersabar sebab pengembang belum merilis game ini di market.

Contoh NFT Termahal

Di bagian akhir ini kita akan coba mengupas beberapa contoh NFT termahal yang pernah terjual. Barangkali bisa memotivasi buat kamu yang mau bergelut dalam dunia NFT.

Melansir CNBC Indonesia, berikut daftar 5 NFT termahal di dunia:

#1. The Merge, Karya Seniman Digital PAK: Rp 1,3 triliun.

apa itu nft

#2. Everydays: the First 5000 Days, Karya Beeple: Rp 998 miliar

apa itu nft

#3. Clock NFT, Karya`Julian Assange: Rp. 758 Milliar

apa itu nft

#4. Human One, Karya Beeple: Rp. 431 Milliar

apa itu nft

#5. CryptoPunk #5822: Rp. 331 milliar

apa itu nft

Kesimpulan

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu NFT beserta contoh-contohnya.

Dari sini kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa NFT sebenarnya bukanlah barang baru. Ini seperti dunia seni yang berpindah ke ranah digital, dengan sistem yang lebih baik.

NFT juga telah membuka peluang bagi siapapun untuk melakukan investasi. Namun, sebagaimana investasi lainnya, tentu juga memiliki resiko tersendiri.

Jika kamu ingin memulai menggeluti NFT, kamu perlu mempelajari lebih dalam lagi.

Nah, gimana pendapatmu? Share ya!

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment