2 Cara Membuat Kop Surat di Word Dengan Mudah

Kop surat merupakan salah satu bagian penting pada surat, terutama saat membuat surat resmi.

Kop surat atau kepala surat berisikan identitas perusahaan atau instansi yang mengirimkan surat, seperti nama perusahaan/instansi, alamat, logo, dan informasi lainnya.

Pada artikel ini kamu akan tahu bagaimana cara membuat kop surat di word dengan step by step dengan gambar dan sangat mudah untuk kamu ikuti.

Yuk Simak…..

Cara Membuat Kop Surat Di Word

  1. Bukalah Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, pilih menu Insert, lalu pilih Header.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Kemudian akan muncul pilihan format header yang bisa kamu gunakan. Pilih yang mana saja sesuai keinginan kamu. Namun, pada contoh berikut ini saya akan menggunakan Blank saja.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Pada menu Header & Footer, centang Different First Page agar Header yang sudah kamu tambahkan hanya muncul pada halaman pertama saja.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Hapuslah semua teks yang ada di Header, lalu isilah identitas perusahaan yang dibutuhkan, seperti nama perusahaan atau instansi, alamat, telepon, logo, website dan email. Jangan lupa untuk mengatur align dan font teks agar terlihat lebih rapi, seperti berikut.
Cara Membuat Kop Surat di Word

Untuk Judul surat dan nama perusahaan menggunakan font berukuran 14 dan bercetak tebal (Bold). Untuk alamat ditulis dengan bercetak miring (Italic) dan font berukuran 11. 

  1. Untuk menambahkan logo, pilih menu Insert > Pictures > This Device.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Setelah logo muncul, klik kanan pada logo, pilih Wrap Text > Behind Text agar lebih mudah untuk mengatur posisi logo. Aturlah ukurannya agar sesuai dengan kop surat dan posisikan pada sebelah kanan identitas perusahaan.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Buat spasi antara garis putus-putus dan baris email & web dengan menekan tombol Enter pada keyboard. Posisikan kursor pada baris yang baru ditambahkan tersebut.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Setelah itu, masuk ke menu Home > cari icon border seperti yang ditandai > lalu pilih Border and Shading, untuk membuat garis pembatas kop surat
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Selanjutnya, pastikan kita memilih tab Borders, pilihlah style border yang diinginkan, termasuk dengan warna dan ketebalannya. 
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Pada Preview, pilih menu Header bawah seperti berikut, agar garis header tepat berada dibawah bagian kop surat, lalu tekan OK.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Garis akan tampil di bagian bawah kop surat. Jika dirasa garis bawah terlalu pendek, kita cukup menarik garis menggunakan Ruler. Jika Ruler belum muncul, kita bisa menampilkannya pada menu View > Ruler.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Pada menu Header & Footer, klik tombol Close Header and Footer jika dirasa sudah cukup.

Membuat Kop Surat Menggunakan Template Word

Selain secara manual, Cara Membuat Kop Surat Di Word bisa kamu lakukan juga dengan otomatis pada Microsoft Word, meskipun mudah dan praktis, tetapi dalam pembuatanya kamu tetap harus mengeditnya secara manual.

Menggunakan metode ini kamu tidak hanya mendapatkan template kop surat, tetapi juga semua bagian surat secara lengkap.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu File, lalu pilih New.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Kemudian, pada menu berikutnya pilih Letters.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Ada banyak pilihan template yang disediakan oleh microsoft word dan dapat kita gunakan. kita bisa memilih sesuai kebutuhan. untuk tutorial kali ini saya pilih yang Purple Graphic Letterhead. Jika tidak ketemu, bisa mencarinya menggunakan Search Bar agar lebih mudah.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1.  Kemudian akan muncul tampilan preview dari template tersebut. Tekan Create agar dokumen dibuat sesuai template. 
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Di sini akan muncul dokumen dengan bagian surat secara lengkap, termasuk bagian isi.
Cara Membuat Kop Surat di Word
  1. Gantilah isi surat sesuai dengan data yang kamu inginkan. Jika ingin mengganti dengan template lainnya, lakukan hal yang sama dari langkah nomor 1.

Penutup

Itulah cara membuat kop surat menggunakan Microsoft Word. Jika tidak ingin repot, cukup gunakan template yang sudah disediakan oleh Microsoft Word, seperti yang dilakukan pada langkah kedua.

Sekian artikel mengenai cara membuat kop surat di Word ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu pembuatan┬ákop surat kamu. Terima kasih ­čÖé

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment