5+ Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Sinyal menjadi salah satu hal yang penting agar kamu bisa menjelajahi internet dengan lancar. Tak heran jika hilangnya sinyal ini akan membuat kamu menjadi kesal. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal hilang di HP Android?

Nah kali ini kami akan memberikan solusi cara mengatasi sinyal hilang di HP Android dan mengetahui penyebabnya.

Penyebab Sinyal HP Menjadi Hilang

Banyak yang menanyakan mengapa HP terkadang hilang sinyal? Apanya yang rusak? Agar bisa menjawab pertanyaan ini maka disini akan dibahas terlebih dahulu penyebab sinyal HP menjadi hilang.

Jadi sebelum kamu membahas ke pembahasan utamanya maka harus tahu terlebih dahulu penyebab sinyal HP hilang.

1. Berada Di Luar Cakupan Area

Tanpa kamu sadar ternyata posisi kamu saat ini juga sangat berpengaruh terhadap sinyal HP yang sering hilang timbul.

Hal ini tentu saja dikarenakan providernya tidak memiliki cakupan area yang luas bahkan belum sampai pelosok. Hal ini yang menyebabkan jaringan selulernya hanya terbatas pada beberapa titik lokasi saja.

Namun ini terjadi bukan hanya di pelosok saja, bahkan sinyal hilang timbul ini juga bisa terjadi saat kamu berada di daerah yang padat penduduk.

Jadi sebaiknya kamu pilih provider dengan cakupan areanya yang luas.

2. Faktor Cuaca

Kemudian faktor yang lain yang bisa menyebabkan sinyal hilang yaitu faktor cuaca. Bahkan faktor cuaca ini juga seringkali yang menyebabkan sebagian besar mengalami sinyal hilang.

Hal ini dikarenakan tidak semua provider yang ada di Indonesia bisa bekerja dengan baik pada setiap cuaca.

Misalnya saat terjadi hujan deras yang disertai petir, biasanya akan membuat sinyal HP tidak memiliki jaringan seluler.

3. Perbaikan Jaringan Operator

Agar bisa memberikan layanan yang baik bagi para pelanggannya, tak jarang sejumlah operator selalu melakukan perbaikan jaringan. Hal ini demi kenyamanan yang lebih baik bagi penggunanya.

Akan tetapi dengan adanya perbaikan jaringan ini biasanya akan menyebabkan sinyal yang kamu terima menjadi hilang timbul bahkan terkadang malah tidak ada sinyal sama sekali.

Jadi sebaiknya sebelum kamu membeli HP baru untuk mengatasi hilang sinyal ,sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu kepada orang di sekitarmu yang memakai operator serupa.

4. Kerusakan Pada Hardware

Kemudian penyebab selanjutnya yang menyebabkan sinyal hilang yaitu adanya kerusakan di salah satu komponen hardware HP. Ini ditandai dengan IMEI ada namun sinyal hilang.

Dibandingkan dengan penyebab yang lainnya, maka penyebab yang satu ini dibilang paling fatal karena untuk mengatasinya maka kamu harus mengganti komponen yang rusak .atau bisa jadi harus membeli HP baru lagi.

Namun sebelumnya untuk memastikan penyebab sinyal hilang tersebut berasal dari komponen hardware HP maka kamu juga harus menanyakan terlebih dahulu ke ahlinya.

5. Terdapat Aplikasi atau Software yang Bermasalah

Bukan hanya hardware saja yang bisa menyebabkan sinyal menjadi hilang. Namun software juga bisa jadi salah satu penyebab jaringan hilang.

Dan pada beberapa kasus sinyal menjadi hilang terjadi karena adanya bug pada software ataupun aplikasi.

6. Sinyal Receiver Bermasalah

HP menjadi tidak ada sinyal juga bisa disebabkan oleh signal receiver yang mengalami masalah. Seperti yang kita ketahui bahwa komponen sinyal receiver ini menjadi sangat penting karena untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh transmitter.

Jadi apabila komponen ini mengalami masalah maka kamu juga tak dapat menerima sinyal. Sehingga tak heran jika HP menjadi tak ada sinyal.

Namun dengan beberapa penyebab di atas sebaiknya kamu juga tak perlu panik dulu.

Karena kami akan memberikan solusi untuk mengatasi sinyal hilang pada HP di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Android

Saat sinyal menjadi hilang maka kamu juga harus mencari tahu penyebabnya sendiri. Kemungkinan penyebabnya ada dua, yang pertama dari SIM card yang bermasalah ataukah dari HP yang kamu miliki.

Untuk melakukan pengecekkan apakah SIM card yang dimiliki mengalami masalah maka caranya mudah saja yaitu dengan melepas SIM card yang berada di HP kamu lalu pasang kembali di HP lainnya.

Namun apabila SIM card yang dipasang pada HP lain tersebut tetap tidak bekerja maka yang bermasalah berarti SIM card kamu.

Dan HP kamu baik-baik saja, kemudian untuk selanjutnya kamu bisa menghubungi customer service provider.

Namun jika yang terjadi sebaliknya berarti permasalahan ada di HP kamu. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di HP tersebut maka kamu langsung simak saja cara mengatasi sinyal hilang di HP Android berikut ini.

1. Restart HP

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Panik saat mengatasi sinyal hilang pada HP? Kamu bisa melakukan restart HP. Cara ini termasuk yang paling praktis dan mudah dilakukan.

Dengan melakukan restart ini maka akan membuat HP akan mulai semua prosesnya dari awal serta otomatis akan mencari jaringan baru.

Dengan melakukan restart HP ini maka bisa untuk solusi berbagai masalah lainnya yang timbul di HP.

2. Mode Pesawat

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Cara mengatasi sinyal hilang di HP Android berikutnya kamu juga bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode atau Mode pesawat. Lalu biarkan selama beberapa saat kemudian non akifkan kembali mode tersebut.

Dengan melalui cari ini maka HP akan mencari jaringan baru yang lebih baik. Dan cara ini juga sudah banyak dilakukan orang karena sudah terbukti efektif.

3. Cek Pemasangan SIM Card

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Apabila indikator sinyal belum muncul juga maka kamu bisa melihat kembali apakah SIM card sudah benar terpasang dengan baik pada slotnya.

Karena apabila dalam pemasangan tersebut kurang tepat maka sinyal juga tak akan muncul. Bahan bukan hanya sinyal saja yang tidak ada , namun bisa juga berpotensi menjadi penyebab rusaknya hardware pada HP.

4. Cari Jaringan Manual

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Kamu juga bisa mencoba cari jaringan manual untuk mengatasi sinyal hilang pada HP.

Cara mengatasi sinyal hilang di HP Android yaitu dengan memilih menu setting lalu pilih Network. Setelah itu kamu bisa pilih Connection lalu Mobile Network.

Dilanjutkan dengan memilih Operator dan select automatically. Apabila langkah ini sudah dilakukan maka HP akan terkoneksi dengan jaringan yang sudah dideteksi.

5. Masukkan Kode Mengatasi Sinyal

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Keadaan sinyal yang hilang ini juga bisa disebabkan karena HP tidak memancarkan sinyal radio dengan benar. Cara mengatasinya mudah saja yaitu dengan memasukkan kode mengatasi sinyal hilang di ##4636##.

Setelah itu akan tampil pilihan menu lalu pilih Phone Information. Jika sudah maka klik Run Ping Test. Setelah itu scroll ke bagian bawah lalu pilih LTE/GSM auto (PRL). lalu tap pada tombol Turn Off Radio.

Apabila langkah diatas sudah selesai maka kamu bisa merestart HP lalu lihat perubahannya.Kemudian kamu juga bisa cek kondisi jaringan yang kamu miliki setelah melakukan cara diatas.

6. Tukar SIM Card ke HP Lain

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Apabila kelima cara mengatasi sinyal hilang di HP Android diatas belum bisa mengatasi sinyal hilang ada HP mu, bisa jadi malah HP yang kamu miliki tersebut yang mengalami masalah.

Untuk memastikan hal ini kamu bisa menukar terlebih dahulu untuk memasukkan SIM card kamu ke HP lainnya.

Apabila SIM card tersebut baik-baik saja saat digunakan di HP lain maka kemungkinan HP nya bermasalah.

Penutup

Demikian penyebab dan 6 solusi Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android,

Opsi tersebut bisa kamu coba satu persatu dari paling awal hingga akhir. Apabila dari semua cara yang kamu coba tidak berhasil kemungkinan besar simcard kamu atau receiver handphone kamu rusak.

Kalo sampai itu terjadi tentu saja kamu harus mengganti sim card ke service center provider terdekat.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment