3+ Cara Screenshot Laptop Acer Untuk Pengguna Windows 7,8 dan 10

Kamu memiliki laptop merek Acer dan kamu sedang ingin mencari cara screenshot laptop acer?

Maka kamu tidak boleh melewatkan tutorial screenshot laptop acer lengkap di bawah ini!

Dengan melakukan screenshot kita bisa mengambil gambar seluruh tampilan yang ada di layar laptop ataupun sebagian layar saja.

Windows 10 mempunyai tools bawaan yang bisa kita manfaatkan dengan mudah untuk mengambil screenshot, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan tools pihak ketiga yang bisa kamu manfaatkan juga sebagai cara screenshot laptop acer.

Yuk langsung aja…

Cara Screenshot Laptop Acer Menggunakan Print Screen (PrtScn)

Cara Screenshot Laptop Acer

Tombol Print Screen pada keyboard di laptop acer bisa kita manfaatkan untuk mengambil screenshot. Bergantung pada pintasan keyboard yang kamu gunakan, Anda kamu bisa menyimpan screenshot sebagai file gambar PNG atau menyalinnya ke clipboard sehingga kamu bisa mem-paste ke aplikasi apa pun dengan mudah.

Tombol prtscn biasanya ditemukan di antara tombol F12 dan tombol Scroll Lock di baris atas keyboard komputer ataupun laptop. Tombol Print Screen ini mungkin diberi label seperti Prtsc, PrtScn, PrntScrn, atau pun Print Scr.

Pada keyboard laptop, tombol Print Screen biasanya akan digabungkan dengan tombol lain, tetapi akan ditempatkan di area umum pada keyboard laptop. Kamu mungkin harus menekan tombol Function atau tombol Fn pada laptop kamu untuk bisa menggunakan tombol pintasan screenshot.

Untuk menggunakan screenshot laptop acer di Windows 7, kamu bisa tekan tombol PrtSc, kemudian buka aplikasi Paint, dan kamu paste kan di Paint dengan tekan Ctrl+V, atau klik kanan Paste.

Untuk menggunakan screenshot laptop acer di Windows 8 dan Windows 10, kamu cukup tekan Tombol Windows+PrtSc secara bersamaan. Setelah itu secara otomatis, file gambar hasil screenshot akan masuk di folder Screenshot atau Pictures.

Selain memanfaatkan fitur bawaan dari windows menggunakan tombol Print Screen yang ada di keyboard. Kamu juga bisa menggunakan tools atau aplikasi screenshot dari pihak ketiga.

Cara Screenshot Laptop Acer Menggunakan Snip & Sketch di Windows 10

Windows 10 mempunyai tools atau aplikasi Snip & Sketch bawaan yang menyediakan opsi screenshot yang lebih lengkap.

Kamu bisa menggunakannya untuk mengambil screenshot dari area tertentu di layar laptop acer yang kamu inginkan, menangkap screenshot saat delay, atau memberi anotasi pada gambar screenshot.

1. Untuk cara screenshot laptop acer dengan cepat menggunakan Snip & Sketch, cukup tekan tombol Windows+Shift+S. Layar laptop kamu akan tampak abu-abu dan mouse kamu akan berubah menjadi crosshair. Atau kamu ketikan di kolom pencarian windows Snip &Sketch.

Cara Screenshot Laptop Acer

2. Setelah itu kamu akan membuka Jendela Snip & Sketch, dan kamu pilih New. Atau kamu bisa memilih tanda pandah disamping tombol New yang berisi pilihan waktu tunda melakukan Snip. Kamu akan diberikan beberapa pilihan seperti Snip Now, Snip in 3 Second, snip in 10 Second.

Cara Screenshot Laptop Acer

3. Langkah selanjutnya kamu harus memilih mode apakah memilih Windows Snip atau Fullscreen Snip. Kemudian kamu memilih area mana saja pada layar ingin kamu ambil snipnya. JIka kamu memilih Rectangular Snip atau Freeform Snip, maka kamu klik kiri mouse dan seret ke area layar yang ingin kamu potong screenshotnya.

Cara Screenshot Laptop Acer

4. Setelah memilih area Snip akan muncul pada jendela Snip & Sketch.

Cara Screenshot Laptop Acer

5. Silahkan kamu pilih icon Copy untuk membuat salinan snip yang telah kamu buat. Dan mungkin kamu juga ingin mengedit screenshot dan juga menyimpan screenshot hasil snip yang asli.

Cara Screenshot Laptop Acer

6. Kamu juga bisa klik Share untuk membagikan hasil snip atau screenshot kepada orang lain. Bisa melalui kontak email, bluetooth, Wifi, Messenger, atau platform media sosial.

Cara Screenshot Laptop Acer

7. Terakhir silahkan kamu tutup jendela Snip & Sketch jika sudah selesai.

Cara Screenshot Laptop Acer Menggunakan Aplikasi Greenshot

Tools atau aplikasi screenshot gratis yang saya rekomendasikan untuk pengguna laptop Windows, selain dari tools bawaan dari Windows 10 itu sendiri adalah Greenshot.

Cara Screenshot Laptop Acer

Greenshot merupakan aplikasi screenshot gratis dan open-source, dan dikemas dengan fitur tambahan seperti pintasan keyboard yang bisa disesuaikan.

Greenshot menyediakan pilihan tools screenshot yang bermanfaat seperti Capture Window From List, yang memungkinkan kamu bisa dengan cepat menangkap tangkapan layar dari setiap jendela yang sedang dibuka di windows.

Setelah menginstal aplikasi Greenshot, untuk menggunakannya tinggal kamu tekan tombol Print screen pada keyboard.

Maka aplikasi greenshot bisa kamu gunakan mengambil screenshot layar sesuai keinginan.

Cara Screenshot Laptop Acer Menggunakan Aplikasi SnagIt

Selain aplikasi snip & sketch bawaan windows dan aplikasi greenshot. Ada aplikasi screenshot lainnya yang lebih canggih yang bisa kamu gunakan di laptop acer yaitu SnagIt by Techsmith.

Jika kamu ingin memiliki tools atau aplikasi screenshot berbayar dengan fitur yang lengkap dan canggih.

Maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi SnagIt ini. Karena kamu bisa mengambil screenshot lebih mudah dan terdapat fitur yang bisa memilih area/jendela tertentu untuk di screenshot ataupun menangkap artikel secara lengkap di browser.

Cara Screenshot Laptop Acer

Selain bermanfaat untuk screenshot, aplikasi SnagIt bisa kamu manfaatkan untuk merekam video layar laptop dan merubahnya menjadi GIF animasi, menambahkan video dari webcam dan audio dari mikrofon.

Cara Screenshot Laptop Acer

Serta bermanfaat untuk memangkas klip video yang telah dibuat dengan lebih mudah.

Fitur lainnya yang bisa didapatkan dari SnagIt adalah bisa mengekstrak teks dari screenshot, membuat anotasi, mengganti teks hasil screenshot dan fitur bermanfaat lainnya yang sangat lengkap dan bermanfaat.

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment