3+ Cara Update Windows 10 (2021)

Sejak dirilis pada tahun 2015, windows 10 menobatkannya menjadi sistem operasi terakhir mereka. Jadi tidak akan ada lagi windows 11, dan seterusnya. Namun untuk menggantikannya windows selalu melakukan update secara teratur.

Cara melakukan update windows 10 juga cukup mudah. Dan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa cara update windows 10.

Cara Update Windows 10 via Tools Windows Update

Untuk cara update windows 10 yang paling mudah dilakukan adalah melalui via tools windows update.

Apabila kamu ingin menggunakan tools windows update, maka kamu bisa melakukannya sendiri tanpa menggunakan software.

Biasanya cara ini dilakukan ketika kita sudah mendapatkan pemberitahuan. Akan tetapi kita bisa melakukannya apabila sudah tersedia.

Berikut ini langkah – langkah untuk melakukan update windows 10 via windows update :

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka menu Start. Selanjutnya kamu cari saja Check for updates & security
  • Selanjutnya kamu bisa cek update atau tidak dengan klik tombol “Check for update”. Apabila terdapat update yang terbaru maka windows 10 akan segera mengunduhnya kemudian melakukan proses instal
  • Jika langah-langkah diatas sudah selesai maka biasanya akan diminta untuk melakukan restart komputer. Kamu bisa memilih untuk klik restart now.
  • Selesai deh, Windows update akan menginstall update dengan cara otomatis.

Namun sejak Juni 2018 Microsoft melakukan pembenaman AI, tujuannya yaitu untuk mencari waktu yang tepat saat melakukan update agar tidak mengganggu pengguna.

Ini bepengaruh pada saat kita sedang melakukan pekerjaan intens maka windows 10 akan mengundur waktu updatenya hingga menemukan waktu yang tepat untuk update.

Oleh karena itu windows update harus diinisiai dengan cara manual.

Dan apabila windows update kamu tidak berjalan di laptop maka kamu bisa mencoba unTuk mematikan mode Power Saving.

Hal ini dikarenakan mode tersebut seringkali mencegah Windows Update.

Dengan menggunakan Mode Power Saving berarti kita menghemat daya baterai dengan maksimal serta beberapa program latar akan dimatikan termasuk windows update.

Cara Update Windows 10 via Update Assistant

Kemudian cara berikutnya untuk melakukan update windows 10 yaitu dengan memanfaatkan sebuah apliasi atau sofware yangdikeluarkan oleh Microsoft.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa mengupdate windows 10 via Update Assistant :

  • Untuk langkah awal adalah dengan mendownload terlebih dahulu software Assistant yang ada di laman resminya Microsoft.
  • Langkah kedua kita juga harus memastikan bahwa kita juga harus terhubung ke internet agar ada saat kita pertama kali membuka software tersebut, program akan secara otomatis akan melakukan pengecekkan pembaharuan windows 10.
  • Dan jika di komputer muncul pembaharuan yang perlu didownload maka akan keluar pesan yang berisi ‘Update to the latest version of windows 10’. setelah itu kita pilih ‘Update’ apabila kamu ingin memperbaharui versi dari sistem operasi windows kamu.
  • Berikutnya sistem mengecek kompabilitas komputer kamu apakah dapat melakukan upgrade ke versi terbaru atau tidak. Nanti akan muncul tulisan OK apabila komputer kamu sesuai dengan upgrade terbaru. Klik “next” untuk melanjutkan
  • Yuph… sudah deh kamu tinggal tunggu proses update. Setelah selesai biasanya komputer akan restart. Jadi tidak perlu khawatir ya apabila komputer kamu tiba tiba restart.

Cara Update Windows 10 via Media Creation

Media creation tool merupakan software gratis yang dibuat oleh Microsoft untuk melakukan pembaruan windows 10 ke versi yang terbaru, membuat media instalasi untuk melakukan clean install ataupun untuk memperbaiki windows yang sedang bermasalah.

Banyak dari pera pengguna sistem operasi ini yang mengalami masalah saat melakukan upgrade.

Salah satu diantaranya yaitu error 0x8007007e, Hal ini akan membuat pembahauan windows 10 menjadi gagal.

Dan sebelum kita mengetahui langkah cara mengupdatenya maka kita juga harus mempersiapkan dan memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Media creation tool dari Microsoft
  2. Usahakan koneksi internet yang kamu pakai kencang dan stabil
  3. Memiliki ruang penyimpanan yang cukup

Dan setelah hal-hal diatas sudah terpenuhi, maka berikutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk mengupdate windows 10 via Media creation berikut ini :

  • Langkah pertama, kamu bisa mengunjungi halaman download windows 10 media creation tools.
  • Berikutnya adalah lakukan scroll kebawah sampai menemukan ‘Create windows 10 installation media’ setelah itu klik Download tool now.
  • Buka media creation tool yang sudah kamu download lalu klik accept pada “applicapble notices and license terms”
cara update windows 10 dengan media creation tool
  • Setelah itu kamu memilih Upgrade This PC Now, lanjutkan lagi dengan klik tombol Next agar proses update windows 10 dimulai. 
cara update windows 10 dengan media creation tool
  • Setelah itu kamu tunggu saja sampai proses ini selesai. Disini kamu juga akan menemui beberapa proses dengan tampilan yang mirip.
  • Jika semua langkah diatas sudah selesai maka kamu langsung saja install update windows 10 yang terbaru. Caranya yaitu dengan klik tombol install.
  • Jika kamu sudah megikuti langkah-langah diatas dengan benar maka perangkat yang kamu miliki akan melakukan restart untuk melakukan penginstallan Update windows 10.

Microsoft Update Catalog (legal) adalah Cara Update Windows 10 Alternatif

Seperti yang kita tahu bahwa Microsoft memiliki website yang dinamakan dengan ‘Microsoft Update Catalog’agar bisa mendownload file update dengan cara yang legal.

Cara update ini merupakan cara yang legal dan aman untuk dilakukan. Kemudian untuk langkah-langkah yang harus kamu lakukan yaitu :

  • Membuka Website Microsoft Update Catalog
  • Untuk melakukan proses update windows 10 kamu juga bisa memanfaatkan website ini. Kamu bisa mengetikkan website pada kolom pencarian di browser. Apabila kamu sudah menemukan website yang dimaksud maka akan mucul halaman dan kamu bisa langsung memasukkan kode file update Microsoft, misalnya “KB1234567”.
  • Lakukan download file update berdasarkan produk
  • Berikutnya setelah kamu memasukkan kode file update tersebut akan ada beberapa list dari file yang bisa kita download. 
cara update windows 10
  • Berikutnya setelah kita mendownload file tersebut, kemudian lakukan penginstallan. Yang perlu kamu perhatikan yaitu Microsoft memiliki dua file format windows update yaitu CAB ( Cabinet ) dan MSU (Microsoft software update). Apabila filenya berformat MCU maka kita bisa mengisntallnya dengan cara klik 2x. Kamu bisa menggunakan bantuan tools command prompt jika file berbentuk format CAB.

Cara Menjadwalkan Update Otomatis Windows 10

  • Windows 10 akan dengan otomatis mengunduh sekaligus mengisntall pembaharuan untuk mendapatkan versi terbarunya.
  • Dan untuk menyelesaikan pembaharuan tersebut maka kamu harus melakan restart terlebih dahulu. Kamu juga bisa menjadwalkan restart untuk mendapatkan waktu yang nyaman.
  • Caranya yaitu dengan menuju ke Setting kemudian pilih Update & Security. Selanjutnya kamu bisa pilih Windows Update lalu pilih Schedule The Restart.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Update Windows 10

Saat kamu melakukan update Windows 10 dengan tutorial diatas namun muncul pesan error atau gagal dalam proses update tersebut seperti.

  • Your Windows Update failed. But don’t worry. We can help.
  • Failure configuring Windows updates. Reverting changes. Do not turn off your computer.
  • We couldn’t complete the updates. Undoing changes. Don’t turn off your computer.

Kamu tidak perlu khawatir karena memang beberapa user mengalami kendala tersebut.

Ada beberapa penyebab dan solusi yang saya coba sharing dan bisa coba kamu lakukan apabila mengalami kendala yang sama

Penyebab windows 10 gagal update

  • Koneksi jaringan kurang stabil atau lambat.
  • konflik pada driver
  • Ada masalah pada Windows Update.
  • Data cache yang menumpuk.
  • Double antrian update: Salah satu penyebab paling umum dari kegagalan ini adalah ketika Windows membutuhkan lebih dari satu update. kamu bisa coba me-reboot dan mencoba lagi.
  • Hard disk kamu sudah penuh

Solusi gagal update windows 10

Beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi gagal update windows 10 pada perangkat komputer atau laptop kamu.

Coba install ulang kembali

  • Terkadang, cukup dengan me-reboot komputer kamu dan menjalankan kembali update masalah kita bisa selesai. Jika Windows 10 memiliki beberapa update yang antri, itu cukup wajar apabila gagal saat percobaan pertama kali.

Coba cek Koneksi internet

  • Nah bisa jadi salah satu penyebabnya adalah koneksi internet tempat kamu update tidak memilki koneksi yang stabil. Sehingga ditengah proses update windows internet mati sebentar yang menyebabkan gagalnya dalam proses update. Jadi pastikan kembali koneksinya ya guys 🙂

Cabut semua perangkat external

  • Coba kamu cabut semua perangkat external yang tersambung dengan komputer kamu seperti webcam, flashdisk, printer dan sebagainya. Sisakan mouse dan keyboard kamu saja.
  • Inisiasi ini untuk mencegah adanya driver dan hardware konflik saat proses update windows berlangsung.

Cek kapasitas penyimpanan komputer kamu

  • Salah satu penyebab paling umum dari pembaruan Windows 10 yang gagal adalah kurangnya ruang penyimpanan. Windows 10 sudah mencadangkan ruang untuk update, tetapi selalu ada kemungkinan kamu kehabisan ruang jika penyimpanan yang tersedia sangat sedikit. Coba hapus semua yang tidak lagi kamu perlukan, atau bahkan sambungkan drive eksternal, lalu coba perbarui lagi.

Kesimpulan

Memperbarui atau update sistem operasi kamu merupakan suatu keharusan. Terlihat sepele memang sering terlewat dan tidak dihiraukan.

Namun untuk dapat performa yang baik pada perangkat laptop dan komputer kamu harus melakukan update.

Selain menjaga performa dan keawetan perangkat komputer, Hal tersebut juga menunjang kamu dalam bekerja. Dan tentu saja penghasilan kamu.

Semoga tutorial tersebut membantu ya 🙂

Leave a Comment