Dedicated Hosting Adalah: 5 + Pengertian dan Manfaat yang Harus Kamu Tahu

Dedicated hosting adalah salah satu jenis hosting yang banyak digunakan oleh banyak orang yang ingin mencari hosting yang bebas dimodifikasi dan memiliki kapasitas yang besar.

Saat pertama kali membuat sebuah website pastinya kamu akan mencari hosting murah dengan kapasitas terbatas seperti, shared hosting.

Tetapi seiring pertumbuhan website yang kamu kelola, pastinya kamu akan membutuhkan hosting dengan kapasitas yang lebih besar dan memiliki performa terbaik.

Salah satu hosting kapasitas besar dan berperforma terbaik adalah menggunakan Dedicated hosting.

Tapi apa yang dimaksud dengan Dedicated hosting? Bagaimana cara kerja Dedicated hosting? dan adakah hosting murah terbaik yang bisa kamu gunakan?

Yuk langsung simak aja…

1. Definisi Apa Itu Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah

Dedicated hosting adalah salah satu jenis hosting yang seluruh servernya untuk kamu sendiri.

Atau dalam pengertian lain dedicated hosting adalah layanan hosting yang sepenuhnya kamu sendiri yang akan mendapatkan satu server secara penuh.

Jika dedicated hosting dibandingkan dengan hosting lainnya seperti shared hosting.

Shared hosting akan menggunakan sebuah server yang sumber dayanya dibagi dengan banyak website milik orang lain di satu server yang sama.

Karena di shared hosting, server akan dibagi ke beberapa pengguna dengan pembagian tertentu berdasarkan bandwidth, disk space, dan fitur lainnya.

Yang membedakan dedicated hosting dari jenis hosting lainnya, sebagai pemilik tunggal kamu bebas untuk mengelola dan mengendalikan server yang kamu sewa.

Ibarat kamu memiliki sebuah rumah, kamu bebas untuk menggunakan seluruh isi ruangan di dalam rumah.

Karena dedicated hosting bisa membuat kamu mengoptimalkan server sendiri dengan lebih leluasa, sehingga tidak heran jika paket berlangganan dedicated hosting lebih mahal dibandingkan jenis hosting lainnya.

Lalu bagaimana cara kerja dedicated hosting?

2. Cara Kerja Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis hosting yang sangat kuat yang akan memberikan kamu kendali penuh atas hardware dan software pada sebuah server.

Cara kerja dedicated hosting adalah seperti kamu memiliki rumah baru yang masih kosong.

Dengan membeli paket dedicated hosting, kamu juga akan mendapatkan satu server kosong dan kamu bisa dengan bebas mengelola dan memodifikasi hosting sesuai dengan kebutuhan.

Saat membeli dedicated hosting, kamu memiliki root access ke server. Sehingga jika kamu membeli jenis hosting ini, kamu bisa menggunakannya untuk sebuah website atau aplikasi yang membutuhkan resource yang besar, seperti website keuangan, e-commerce, platform game online atau lainnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa membeli dedicated server lebih cocok untuk kamu yang membutuhkan personalisasi pengelolaan server dengan tingkat kinerja dan keamanan yang tinggi.

3. Kelebihan dan Manfaat Dedicated Hosting

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat membeli server dedicated hosting, seperti:

A. Penerapan sesuai permintaan

Dedicated hosting adalah server yang cocok digunakan untuk kamu yang memiliki website, aplikasi atau platform game yang membutuhkan permintaan bandwidth tinggi dalam hitungan menit atau jam.

Jadi jika kamu memiliki lalu lintas atau traffic website, aplikasi atau platform game online yang meningkat drastis.

Maka saat menggunakan dedicated server kamu bisa menerapkan server khusus tambahan via portal layanan mandiri atau dengan cara mengirimkan permintaan langsung ke penyedia hosting.

Proses penerapan sesuai permintaan ini akan mengurangi komplain dari pelanggan kamu karena, karena server lemot atau tidak bisa diakses bisa kamu atasi dengan cepat.

B. Single-tenancy

Artinya adalah server khusus dari dedicated server hanya digunakan oleh satu pelanggan yang mempunyai akses penuh terhadap seluruh sumber daya perangkat keras untuk dikelola sesuai dengan keinginan.

Maka memilih dedicated hosting sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari server yang memberikan input dan output yang tinggi dan memiliki tuntutan kinerja tinggi yang konsisten seperti platform game dan layanan suara (VOIP).

C. Kinerja konsisten

Karena saat menyewa dedicated server kamu sebagai penyewa tunggal, maka kamu bisa mengakses langsung ke sumber daya perangkat keras seperti disk space, memory RAM, CPU dan software hanya untuk kamu sendiri.

Sehingga kamu bisa mendapatkan kinerja konsisten yang tinggi saat menggunakan dedicated server.

Jika terjadi masalah pada server, kamu juga akan lebih mudah mengatasinya, karena semua akses sumber daya perangkat keras kamu sendiri yang mengontrolnya.

D. Keamanan dan privacy

Kelebihan menggunakan dedicated hosting lainnya adalah kamu akan memiliki keamanan dan privacy yang lebih tinggi.

Karena server yang kamu gunakan tidak digunakan bersama-sama dengan server website atau aplikasi milik orang lain.

Jika di shared hosting ada website terkena hack, maka website kamu ada kemungkinan juga bisa terkena hack. Tetapi hal ini tidak akan kamu alami saat menyewa dedicated server.

Dengan dedicated server kamu menjadi penyewa tunggal dari server yang kamu sewa. Dengan fitur arsitektur multi-tenant membuat server dedicated jauh lebih aman dibanding jenis hosting lainnya dalam lima tahun terakhir ini.

Karena dengan membeli hosting yang memberikan keamanan dan privacy yang ketat akan memberikan kita ketenangan pikiran.

E. Kustomisasi

Dedicated hosting adalah hosting yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Kamu bisa memilih sendiri seberapa banyak dan jenis CPU, Memori RAM dan Disk Space penyimpanan yang kita butuhkan.

Kebanyakan penyedia hosting dedicated akan menawarkan spek standar, tetapi kita juga diberikan kebebasan untuk memilih server yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan spesifik website, aplikasi atau platform gaming yang kita miliki.

Setelah menggunakan dedicated server, jika kamu ingin upgrade atau downgrade server. Kamu bisa lakukan kapanpun kamu butuhkan.

Dengan fleksibilitas dalam penyesuaian kebutuhan server ini, membuat kamu bisa dengan mudah mengontrol perubahan kebutuhan server dari waktu ke waktu.

4. Kesimpulan       

itulah tadi adalah jawaban atas pertanyaan apa yang dimaksud dengan Dedicated hosting? bagaimana cara kerja Dedicated hosting? Dan apa saja kelebihan dan manfaat menggunakan Dedicated hosting dibandingkan hosting lainnya?

Jadi dapat disimpulkan bahwa dedicated hosting merupakan salah satu layanan hosting yang akan membuat kamu menjadi pengendali penuh sendiri atas server yang kamu sewa.

Sehingga untuk kamu yang ingin memiliki server yang bebas di custom tanpa batas, maka dedicated hosting adalah pilihan yang tepat.

Tetapi karena dedicated server memiliki hak penuh pengelolaan server sendiri, memiliki kinerja kuat dan keamanan terbaik.

Maka harga sewa hosting dedicated akan lebih mahal dibandingkan jenis hosting lainnya.

Jadi jika ingin menggunakan dedicated hosting kamu harus menyesuaikan dengan tingkat kebutuhanmu saat ini, apakah sudah tepat untuk menggunakannya atau belum.

Semoga bermanfaat 🙂

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment