7+ Macam Macam Sistem Operasi dan penjelasan Secara Detail

Ada banyak macam macam sistem operasi di luar sana. Tentu sistem operasi tersebut satu sama lain memiliki perbedaan.

Dapat dipastikan, kebanyakan dari kamu hanya mengetahui beberapa sistem populer. Perasaan terkejut pasti muncul ketika mengetahui bahwa sistem operasi ada banyak.

Macam Macam Sistem Operasi dengan Popularitas Paling Tinggi Pada PC.

Secara umum, sistem operasi terbagi menjadi dua. Pertama adalah sistem operasi dengan popularitas tinggi dan kedua adalah sistem operasi dengan popularitas yang kurang di Indonesia.

Tentu jika membahas yang populer, namanya sudah tidak asing. Berikut beberapa sistem operasi tersebut.

1.Microsoft Windows

Macam Macam Sistem Operasi

Untuk sekarang, sangat tepat jika menyebut windows adalah sistem operasi dengan popularitas paling tinggi. Popularitas ini nampak jelas.

Ketika berbicara tentang persaingan di dunia komputer, windows sekarang adalah rajanya. Microsoft cukup sukses dalam melihat minat pasar.

Windows memiliki keunggulan utama pada teknik penggunaannya. Penggunaan grafik antarmuka atau graphical user interface nya sangat mudah dalam digunakan.

Tampilannya sendiri sangat menarik dan khas. Seseorang tidak akan kesulitan walaupun baru menggunakan windows untuk pertama kali.

Windows juga terkenal karena aplikasi dasarnya yang begitu populer. Sekarang setiap orang pasti pernah mendengar nama microsoft word.

Selain itu, masih banyak aplikasi lain yang tidak kalah populer. Intinya, windows adalah pilihan paling tepat untuk mereka yang mencari sistem operasi untuk kebutuhan personal komputer.

2. Linux

Setelah windows, linux juga layak untuk dimasukkan. Ketika membahas macam macam sistem operasi, linux ini memang tidak se populer windows.

Namun jika dipandang secara menyeluruh, namanya masih sering terdengar. Sebenarnya Linux sendiri adalah pengembangan yang masih baru,

Keunggulan utama dari Linux terletak pada sifatnya yang open source. Dengan sifat tersebut, pengguna bisa mengembangkan program secara bebas.

Nantinya pengembangan program tersebut akan mendapat lisensi resmi dari GNU. Tentu penggunaan bisa dilakukan secara bebas.

Usia dari Linux sendiri sebenarnya sudah cukup tua. Pertama kali sistem operasi ini dikembangkan adalah pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds.

Jika dilakukan perbandingan dengan sistem operasi lain, Linux ini terbilang sangat murah. Seseorang bisa mendapatkannya tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Penggunaanya sendiri cukup bermacam macam mulai dari jaringan, pengembangan software, hingga aktivitas komputer lain.

3. Mac OS

Membahas macam macam sistem operasi tidak akan lengkap tanpa memasukkan apple ke dalamnya. Sistem operasi yang dimaksud sendiri adalah Mac OS.

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Ini adalah sistem operasi pertama yang berbasis GUI.

Pertama kali sistem operasi ini rilis adalah pada tahun 1984. Jika dibandingkan dengan sistem operasi lain, Mac OS terkenal sebagai sistem dengan teknologi paling maju.

Keberadaannya sendiri sangat eksklusif dan jauh berbeda dengan Linux yang sangat terbuka. Mac OS sendiri tidak bisa digunakan secara bebas.

Nantinya hanya perangkat keluaran apple saja yang bisa memasangkan sistem operasi ini. Terdapat kesamaan pada Linux dan Mac OS.

Kesamaan tersebut terletak pada sistem file hierarki yang ditambahkan. Ini mempemudah penggolongan file sehingga tidak sulit ketika akan diakses.

Sistem operasi Pada handphone

Selain pada perangkat komputer atau pc kamu, Handphone juga memiliki sistem operasi.

Mungkin sistem operasi saat ini yang terkenal hanya ada 2 yaitu android dari google dan ios dari apple.

Namun ada sistem operasi lainya juga lho.

Yuk langsung aja kita bahas..

1. Android

Berpindah menuju macam macam sistem operasi di ponsel, android sangat tepat untuk dibahas. Ini bisa dibilang sebagai windowsnya smartphone.

Yang mengeluarkannya memang bukan microsoft. Namun popularitasnya begitu tinggi karena kebanyakan pengguna ponsel memakai android.

Sebenarnya, android adalah perusahaan pengembang yang awalnya didukung oleh google. Namun pada tahun 2005, google membeli android sepenuhnya.

Dari yang paling tua yaitu android cupcake dan yang terbaru yaitu android Oreo, sudah ada 13 jenis android yang keluar. Tentu kebanyakan ponsel keluaran terbaru menggunakan Android Oreo.

Android sendiri menggunakan nama-nama makanan sebagai nama sistemnya. Selain cupcake dan oreo, ada juga honeycoomb, ice cream sandwich, hingga jellybean.

2. Windows Phone

Berbeda dengan windows veri komputer, windows versi ponsel tidak memiliki popularitas serupa. Namun namanya tetap masuk ke dalam macam macam sistem operasi yang cukup populer.

Sebenarnya windows phone sendiri adalah platform pengganti. Keberadaannya digunakan sebagai jenis terbaru dari windows mobile yang popularitasnya kurang.

Windows phone sendiri terbilang masih baru. Pertama kali sistem operasi ini rilis adalah pada tahun 2010.

Peluncurannya sendiri baru terbatas di beberapa negara. Pertama kali windows phone masuk ke Indonesia adalah pada tahun 2011.

Sekarang, seluruh ponsel nokia sudah menggunakan sistem operasi windows. Ini terjadi karena CEO Microsoft dan CEO Nokia sudah menandatangani surat kerja sama terkait hal ini.

Nokia sendiri sebelumnya memakai system operasi symbian. Namun namanya tidak terlalu populer sehingga digantikan oleh windows phone.

3. Apple IOS

Selain Andoid, apple ios lah yang mampu menyainginya.

Semua perangkat ponsel atau handphone yang apple produksi menggunakan sistem operasi ini.

Keunggulan sistem operasi ini adalah sangat user friendly. Bahkan apabila kamu menggunakan ekosistem apple lainya seperti airpod atau macbook, kamu akan sangat terbantu dalam hal produktivitas dan kemudahanya.

Macam Macam Sistem Operasi Lain yang Bisa Digunakan

Dibandingkan nama nama di atas yang popularitasnya sangat tinggi, ada juga nama lain yang popularitasnya tidak setinggi itu. Jika menginginkan pengalaman baru, mencoba beberapa sistem operasi lain bisa dilakukan.

Namun ingat bahwa beberapa sistem operasi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan sistem operasi standar. Oleh sebab itu, mempelajarinya perlu dilakukan terlebih dahulu.

1. MS-DOS

Pertama adalah MS-DOS. Sebenarnya MS-DOS sendiri sekarang hampir tidak digunakan. Itu karena, MS DOS adalah windows di generasi terdahulu.

Namun ketika mengulas macam macam sistem operasi, menambahkannya adalah hal wajib. Penggunaannya sendiri bersifat single tasking.

Walaupun terdengar lambat, ini sangat populer ketika dikeluarkan pada tahun 1981. Sosok yang mengembangkannya sendiri tidak sembarangan yaitu Bill Gates dan Paul Allen.

2. UNIX

Nama selanjutnya yang layak dimasukkan ketika membahas macam macam sistem operasi adalah UNIX. Jika MS DOS adalah pendahulu dari windows, UNIX adalah pendahulu dari LINUX.

Di masanya, popularitas sistem operasi ini begitu tinggi. Keberadaannya sendiri bersaing ketat dengan windows.

UNIX sendiri memiliki usia yang sangat tua. Pertama kali sistem operasi ini diluncurkan adalah pada tahun 1973.

Sosok yang mengembangkannya adalah Dennis Ritchie. Ketika itu bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C.

3.Chrome OS

Nama Chrome OS pasti belum banyak dikenal. Padahal keberadaannya sendiri tidak boleh terlupakan ketika mengulas berbagai tipe sistem operasi.

Chrome OS adalah sistem operasi keluaran google yang pertama kali rilis pada tahun 2010. Sebenarnya keberadaan sistem operasi ini cukup mirip dengan LINUX.

Fungsi utama dari chrome OS sendiri adalah untuk aplikasi web. Tidak semua perangkat bisa menggunakannya.

Chrome OS hanya dikhususkan untuk perangkat yang dikeluarkan oleh google. Selain itu, ada beberapa chrome book keluaran DELL dan ASUS yang juga bekerja sama untuk memakai Chrome OS.

4. Amiga OS

Terakhir adalah Amiga OS. Jika dibandingkan dengan nama lain di daftar ini, Amiga memang sistem operasi yang popularitasnya paling rendah.

Perlu diketahui, Amiga sendiri sebenarnya berusia lumayan tua. Pertama kali Amiga OS dikeluarkan adalah pada tahun 1984.

Ketika itu, perusahaan commodore internasional adalah pihak yang mengeluarkannya. Fungsi utama sistem operasi ini adalah untuk menyelesaikan tugas multimedia seperti pembuatan video dan musik.

Pastikan untuk menggunakan sistem operasi yang dirasa memiliki kualitas terbaik. kamu sendiri bisa memilih macam macam sistem operasi yang dijelaskan di atas.

Leave a Comment