5+ Mengenal Format GIF yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu mungkin sudah mengenal format GIF yang merupakan salah satu jenis format grafis untuk menyimpan gambar. Banyak sekali jenis format yang dapat digunakan seperti JPG dan PNG.

Sementara GIF mempunyai karakteristik dan keunggulan tersendiri. Mampu menghadirkan animasi sederhana sehingga gambar yang disimpan bisa bergerak. GIF juga dapat dipakai dalam berbagai aplikasi.

Paling banyak dipakai dalam aplikasi sosial media dan aplikasi chatting. Meski begitu, tidak banyak orang yang mengetahui informasi lengkap mengenai GIF.

Dalam artikel ini akan saya akan coba sharing terkait fotmat GIF ini.

Check this out….

Mengenal Format GIF dan Penggunaannya

Mengenal format gif

GIF merupakan singkatan dari Graphics Interchange Format. Mampu menyimpan gambar dengan latar belakang transparan maupun animasi sederhana.

Pertama kali diciptakan di tahun 1987 oleh Steve Wilhite.

Steve Wilhite merupakan ketua ilmuwan komputer Amerika penyedia layanan online ComputeServe. Format tersebut hanya mampu menyimpan gambar dengan ukuran 8 bit memakai mode index color, grayscale dan bitmap.

Karena mempunyai keunikan berupa gambar bergerak, format ini banyak digemari terutama dipakai dalam aplikasi chatting.

Umumnya format gif ada pada icon atau stiker. Namun masih banyak contoh penggunaan lainnya.

Sebagai Stiker

Contoh penggunaan umum ialah pada stiker.

Stiker ini sering kamu temui dalam penggunaan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, Kakao Talk dan lain sebagainya.

Sebagai Gambar Status

Penggunaan lainnya ialah sebagai gambar status. Gambar status ini tersedia dalam berbagai aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook. Terkadang juga dapat diselipkan dalam komentar sosial media.

Pengganti Video

Mengenal format GIF berupa gambar bergerak, juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti video.

Misalnya saja ada video berdurasi singkat, format dapat kamu ubah ke dalam bentuk GIF sehingga bisa menjadi animasi gambar.

Setelah video tersebut diubah, kemudian dapat dibagikan dengan lebih mudah dan praktis. Karena juga mampu mengurangi ukuran file sehingga lebih hemat kuota untuk membagikannya.

Membuat Icon

GIF juga dapat kamu gunakan untuk membuat icon. Icon ini umumnya muncul dalam desain situs. Penggunaannya ditujukan sebagai daya tarik. Sehingga berbagai browser mulai mendukung penggunaan format tersebut.

Mengenal Format GIF dan Kelebihannya

Setiap format gambar mempunyai kelebihan masing-masing, termasuk GIF. Berikut ini berbagai kelebihan yang dimiliki oleh format tersebut, yang mungkin tidak dimiliki oleh format gambar lain.

Gambar yang dihasilkan Bisa Bergerak

Berbeda dengan PNG maupun JPG yang umumnya berupa gambar saja, tidak bisa bergerak. Untuk GIF dapat bergerak seperti video singkat. Namun penggunaannya lebih praktis daripada video.

Ukuran File Tidak Terlalu Besar

GIF ini sangat efisien apabila dibagikan karena mempunyai ukuran file kecil. Sehingga tidak membutuhkan kapasitas besar dalam server. Kamu bisa menyimpan berbagai file tanpa khawatir memenuhi memori perangkat.

Mendukung Berbagai Platform

GIF dapat digunakan dalam berbagai platform mulai dari aplikasi chatting, sosial media hingga pada website. Sehingga bisa digunakan oleh hampir semua kalangan secara mudah dan praktis. Tampilannya juga menarik.

Mudah dibagikan

Karena mempunyai file kecil, GIF dapat dibagikan secara mudah dan cepat. Kamu tidak perlu memikirkan kualitas sinyal internet karena format ini tidak membutuhkan banyak data.

Mempunyai Daya Tarik Tersendiri

GIF dapat dipakai dalam berbagai keperluan karena daya tarik yang dimilikinya. Bisa dipakai untuk bercanda dengan rekan melalui aplikasi chatting.

Bisa juga dipakai dalam sosial media untuk keperluan digital marketing karena mampu menarik calon pembeli.

GIF juga dapat digunakan dalam website untuk menambahkan unsur visual yang mampu membuat website tampak menarik. Akan tetapi masih belum banyak orang yang menerapkan format gambar ini dalam konten website.

Format ini sangat cocok diterapkan dalam website karena mempunyai ukuran kecil sehingga proses upload akan berlangsung dalam waktu singkat.

GIF juga dapat diakses oleh pengguna melalui berbagai perangkat mulai dari smartphone hingga laptop.

Penutup

Demikian share terkait penjelasan tentang format Gif. Kamu mungkin tanpa disadari sudah menggunakan gif ini pada setiap hari, namun belum mengetahui kalo hal tersebut merupakan format GIF.

Semoga artikel bermanfaat 🙂

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment