3+ Perbedaan GPU dan VGA Yang Wajib Kamu Tau!

GPU dan VGA, keduanya merupakan komponen penting yang terdapat dalam sebuah komputer. Selain untuk menjalankan game PC juga untuk keperluan multimedia.

Namun masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan GPU dan VGA ini.

Untuk itu saya akan memberikan Perbedaan GPU dan VGA dibawah ini agar kamu dapat membedakan keduanya.

Cek this out….

Pengertian GPU

Perbedaan GPU dan VGA

GPU atau kepanjangan dari Graphic Processing Unit ini merupakan komponen untuk memproses instruksi dari sebuah software untuk bisa ditampilkan di layar.

Misalnya untuk membuat grafik 3d Dari mikroprosesor yang dipakai dalam suatu sistem. Misalnya HP terbaru, komputer pribadi kemudian workstation serta konsol game.

Karena memiliki struktur yang paralel maka GPU sangat penting untuk menangani grafik yang ada di komputer.

Pada komputer pribadi, GPU ada di kartu video ataupun di motherboard.

Adapun fungsi GPU yang paling utama yaitu untuk memproses informasi grafis yang ada kemudian menampilkan pada layar PC yang berkualitas tinggi.

Sehingga GPU yang mempunyai kualitas bagus tentunya sangat penting terutama bagi animator, desain grafis ataupun untuk gamer PC. Hal ini dikarenakan mereka memberlakukan performa grafis yang mumpuni.

Kemudian bagi yang menggunakan PC untuk keperluan desian grafis dengan menggunakan software edit video ataupun foto berat. Dengan adanya GPU ini maka proses serta hasil render editing yang dihasilkannya akan jauh menjadi lebih cepat.

Pada saat GPU belum digunakan seperti saat ini , awalnya komputasi grafis ini dijalankan oleh CPU. Namun karena komputasi grafis makin berat serta menghambat kerja CPU maka pekerjaan tersebut dialihkan ke GPU yang terpisah. Ini dilakukan agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Penggunaan GPU selain untuk keperluan grafis juga untuk melakukan komputasi paralel pada data dengan jumlah yang banyak.

Apabila aktivitas yang kamu lakukan banyak membutuhkan aplikasi non grafis yang membutuhkan komputasi berulang secara terus menerus maka dengan adanya GPU ini jadi amat terbantu.

Komputasi berulang itu contohnya seperti penambangan cryptocurrency yang menuntut memiliki performa yang optimal. Dengan adanya GPU yang berdaya tahan serta kinerja tinggi maka akan menghasilkan penambangan yang efisien serta optimal.

GPU selain ada di PC juga terdapat pada HP yang menjadikan performa gaming menjadi lebih mulus serta memiliki tampilan yang lebih baik.

Dan bagi HP yang tidak terdapat GPU di dalamnya maka tampilan grafisnya akan menjadi kasar dan kurang tajam. Dan seringnya smartphone seperti ini termasuk ke dalam HP yang murah dan penggunaanya pun tidak untuk game ataupun editing.

Jadi apabila ingin memiliki resolusi yang makin besar dengan tampilan gambar yang terlihat halus dan detail ini maka tidak akan terwujud tanpa adanya chip GPU yang handal.

Pengertian VGA

Perbedaan GPU dan VGA Yang Wajib Kamu Tau!

VGA atau Video Graphics Array ini merupakan jenis koneksi standar yang diperuntukkan bagi perangkat video serta monitor.

VGA umumnya mengacu pada sebuah jenis kabel, sebuah port ataupun sebuah konektor. Yang difungsikan untuk menghubungkan monitor dengan sebuah kartu video di komputer.

VGA telah digantikan dengan antar muka terbaru seperti DVI dan HDMI walaupun VGA sampai sekarang juga masih sering digunakan.

Adapun kabel VGA ini mempunyai konektor 15 pin yang terdiri dari 5 pin diatas, 5 pin di tengah kemudian 5 pin yang lainnya ada di paling bawah.

Port VGA yang terletak di desktop ataupun laptop ini mempunyai jumlah lubang pin yang sama .Hal ini menjadikan kabel VGA langsung bisa dicolokkan ke dalamnya.

Untuk setiap pin tersebut mempunyai fungsi masing-masing. Fungsi pin pertama yaitu untuk mentransfer warna merah, dan untuk pin kedua serta ketiga masing-masing diperuntukkan bagi warna hijau dan biru.

Pada kabel VGA yang lengkap mempunyai kabel serta konektor yang terletak pada setiap ujungnya. Untuk konektornya biasanya berwarna biru. Ini digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat layar.

Kabel VGA ini pada salah satu ujungnya dipasang ke port kartu grafis di motherboard, serta untuk ujung yang lainnya menuju ke port perangkat layar.

Pada saat komputer sedang dijalankan maka kartu video akan mengirimkan sinyal tampilan video lewat kabel VGA. Setelah itu akan ditampilkan pada perangkat tampilan.

Kabel VGA ini juga ada dalam berbagai macam jenis, untuk kabel yang lebih pendek dengan kabel koaksial serta isolasi akan memberikan kualitas video yang lebih baik.

Perbedaan Antara GPU dan VGA

Setelah kamu membaca ulasan diatas tentunya bisa menarik kesimpulan mengenai Perbedaan GPU dan VGA ini.

Pada dasarnya untuk GPU atau Graphics Processing Unit ini terletak di motherboard atau sering juga disebut dengan graphic card dan GPU.

Lalu VGA yang merupakan standar tampilan input output ini ada di graphis card. Untuk VGA mempunyai standar display I/O dengan kecepatan, resolusi , perlindungan serta memiliki teknologi yang berbeda.

Jadi bisa dikatakan dengan singkat bahwa GPU ini akan memproses data yang sebelumnya sudah diproses oleh CPU agar ditampilkan ke layar monitor .

Sedangkan untuk VGA atau Video Graphics Array ini merupakan tempat dimana semua grafis diproses ke GPu. Ini hampir sama dengan motherboard , hanya pada motherboard ini ada di bagian CPU beserta VGA yang terjadi di GPU.

Bentuk

Untuk Perbedaan GPU dan VGA yang pertama yaitu dilihat dari segi bentuk. Bentuk GPU ini biasanya chip yang berukuran kecil.

Jadi apabila dianalogikan GPU mirip dengan CPU yang menempel ke motherboard. Perbedaan GPU ini menempel di unit khusus atau motherboard langsung. Dan istilah ini sering disebut juga dengan VGA on board.

Akan tetapi apabila mempunyai unit khusus maka komponen ini akan menempel di VGA card.

Sudah disebutkan diatas bahwa GPU ini bentuknya chip ,kalau VGA ini bentuknya kartu, papan ataupun board yang ditancapkan ke motherboard.

Sehingga komponen tersebut dinamakan juga dengan VGA card. Pada VGA card ini akan dilengkapi pula dengan slot output yang bisa dihubungkan dengan display. Misalnya HDMI, channel, DVI atau VGA 8.

Fungsi

Kemudian perbedaan GPU dan VGA dilihat dari fungsinya, keduanya juga mempunyai perbedaan.

Seperti kita tahu bahwa GPU ini merupakan otak ataupun inti dari VGA. Fungsinya untuk mengolah ataupun memproses gambar serta video di komputer sehingga bisa dinikmati pengguna.

Kemudian untuk VGA yang merupakan komponen sebagai tempat untuk menempelnya GPU ini mempunyai fungsinya yang hampir sama diantaranya sebagai pusat terjadinya pemrosesan grafis.

Lalu apabila kita analogikan maka VGA ini mirip seperti motherboard yang menyediakan tempat untuk CPU agar bisa memproses data.

Perbedaannya apabila pusat pemrosesan motherboard ada di CPU. Maka untuk pemrosesan VGA ada di GPU untuk data yang diproses berupa data grafis.

Jadi pada intinya yaitu antara GPU dan VGA ini saling bersinergi agar bisa menampilkan data grafis dalam bentuk video maupun foto yang bisa dinikmati opleh pengguna komputer.

Itulah informasi tentang perbedaan GPU dan VGA yang wajib kamu ketahui, jika ingin mengetahui fungsi dan manfaat komponent ini pada sebuah perangkat komputer atau ponsel.

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment