Pengertian Power Supply, Jenis dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian power supply jenis dan fungsinya. Sehingga kamu akan lebih memahami tentang salah satu komponen penting pada sebuah perangkat komputer satu ini.

Power Supply atau dikenal dengan sebutan PSU merupakan sebuah perangkat pentingpada sebuah komputer.

Jika komputer tidak memiliki power supply maka komputer tidak mungkin bisa menyala. Sebagus apapun hardware yang kamu gunakan, jika power supply yang digunakan tidak tepat, maka komputer tidak akan berfungsi dengan baik.

Untuk itu, kamu harus mengetahui informasi tentang pengertian power supply jenis dan fungsinya di bawah ini dengan lengkap.

Pengertian Power Supply?

Power Supply atau PSU merupakan perangkat yang menyediakan dan mengalirkan listrik pada sebuah komputer ke perangkat lain menggunakan arus DS atau arus searah.

Bentuk Power Supply pada sebuah komputer umumnya bentuknya kotak dengan memiliki banyak kabel yang berfungsi untuk menghubungkan ke perangkat lainnya di komputer.

Apa Fungsi Power Supply?

Fungsi power supply adalah untuk memberikan atau mengalirkan arus listrik ke komponen atau perangkat yang terpasang di komputer/cpu menggunakan arus DS atau searah.

Arus listrik yang masuk ke PSU yaitu arus AC atau arus bolak balik. Kemudian arus listrik tersebut diubah menjadi arus DS untuk dialirkan ke komponen lain di komputer.

Jenis-jenis Power Supply Yang Ada Di Pasaran

Ketika kamu ingin membeli power supply, ada beberapa jenis power supply yang saat ini bisa kamu beli dipasaran, seperti Power Supply BTX, ATX dan AT.

Jenis power supply ini dibedkan berdasarkan penggunaan Motherboard dan CPU yang kamu gunakan.

Karena itu, sebelum kamu membeli power supply kamu harus mengetahui perbedaan dari jenis power supply ini.

1. Power Supply BTX

Jenis Power supply yang saya jelaskan pertama ini adalah power supply yang memiliki daya listrik yang sangat besar. PSU jenis BTX memiliki 2 macam kabel yaitu kabel power dengan 15 pin untuk kabel sata dan 24 pin untuk kabel power yang mengarah ke motherboard.

Keunggulan dari PSU BTX adalah memiliki efisiensi daya yang relatif lebih baik dibandingkan dengan jenis power supply lainnya.

2. Power Supply ATX

Power Supply ATX adalah jenis power supply yang paling populer dan banyak digunakan saat ini.

ATX adalah singkatan dari Advance Technology Extended dan penggunaan PSU ATX ini paling banyak karena dipasaran saat ini komputer banyak yang menggunakan Motherboard ATX.

Sehingga tidak heran jika Power Supply ATX paling populer dan banyak digunakan saat ini, ciri-ciri PSU ATX adalah sebagai berikut :

  • Power Supply ATX mempunyai sistem off otomatis dan saat mematikan komputer kamu hanya perlu memilih menu shut down pada menu start windows.
  • Power Supply ATX memiliki daya lebih besar dibandingkan jenis PSU AT.
  • PSU ATX menggunakan konektor dengan 20 pin untuk pembangkit dayanya.

3. Power Supply AT

Jenis power supply terakhir adalah jenis PSU AT, kata AT ini memiliki arti Advance Technology.

Jika kamu menggunakan motherboard AT,  maka PSU yang kau gunakan juga harus menggunakan PSU AT.

PSU AT ini umumnya digunakan pada jenis motherboard lama seperti komputer dengan prosessor Pentium 3 atau Pentium 4.

Ciri-ciri jenis power Supply AT adalah sebagai berikut :

  • Konektor pin yang ada di PSU AT adalah sebanyak 12 pin.
  • PSU AT mempunyai tombol off tidak otomatis, sehingga saat kamu selesai menggunakan komputer dan melakukan shut down. Kamu harus mematikan komputer dengan menggunakan tombol power ketika komputer muncul tulisan it’s now safe to turn off your computer. Dan PSU AT sering digunakan pada komputer Penitum 4 ke bawah.
  • Power Supply AT memiliki daya listrik yangrendah karena dayanya kurang dari 250 Watt.

Tips Memilih Power Supply

Jika kamu ingin merakit PC sendiri, maka kamu harus memahami tentang komponen penting dalam perkitan pc terutama adalah memilih power supply yang tepat.

Untuk itu, berikut ini adalah tips memilih power supply yang tepat untuk kamu uang ingin merakit PC sendiri.

1. Memperkirakan kebutuhan daya

Saat merakit PC komputer, pastikan kamu bisa memperkirakan jumlah daya yang kamu butuhkan.

Jika kamu ingin merakit pc untuk kantoran, maka kamu tidak memerlukan daya PSU yang besar.

Tetapi ketika kamu ingin merakit PC gaming maka disarankan kamu harus memilih Power Supply dengan daya yang besar minimal adalah 450 watt sampai 600 watt.

2. Perhatikan Kualitas Power Supply yang Kamu Beli

Pastikan kamu tidak membeli PSU harga murahan, sebaiknya kamu membeli PSU yang bermerek dan sudah terbukti kualitasnya.

Karena jika kamu sembarang membeli merek PSU murahan bisa menyebabkan komputer yang kamu rakit akan mengalami banyak masalah.

Pastikan power supply yang kamu beli sudah memiliki sertifikat 80 plus. Karena sertifikasi 80 plus akan menjamin efisiensi energi yang terbaik. Semakin tinggi tingkat 80 plusnya maka akan semakin tinggi efesiensi daya yang dihasilkan.

Penutup

Jadi itulah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian power supply jenis dan fungsinya.

Semoga dengan adanya penjelasan ini, kamu bisa memahami dengan jelas tentang fungsi dari power supply, mengetahui jenis-jenisnya, dan mengetahui tips terbaik dalam memilih power supply terbaik saat merakit PC.

Saat ini ada banyak merek Power Supply yang beredar di pasaran, dan rekomendasi merek Power Supply terbaik untuk kamu pilih adalah merek Thermaltake, Super Flower Seasonic, FPS, dan Corsair.

Leave a Comment