Cara Upgrade VGA Laptop Menggunakan VGA Eksternal

Saat kamu membeli sebuah laptop pastinya kamu berpikir apakah nanti laptop bisa ditambahkan vga?

Jika menggunakan Komputer atau PC, pastinya kita bisa dengan mudah mengganti ataupun mengupgrade VGA sesuka hati. Lalu apakah ada cara upgrade vga laptop?

Ketika kamu memilih membeli laptop, dapat dipastikan kamu tidak bisa berbuat dengan slot VGA Card yang kita miliki.

Berbeda dengan laptop, VGA laptop menggunakan VGA Onboard. Artinya VGA pada laptop sudah permanen menempel pada motherboard. Sehingga tidak tidak bisa dengan bebas mengganti VGA pada laptop.

Hanya orang memiliki keahlian atau teknisi service laptop yang bisa melakukannya.

Lalu Bagaimana Cara Upgrade VGA Laptop?

Cara Upgrade VGA Laptop

Jika kamu memiliki pertanyaan bagaimana cara upgrade VGA Laptop, sebenarnya bisa saja.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kamu harus memiliki keahlian untuk bongkar dan pasang VGA laptop.

Kamu juga harus memastikan VGA yang dipasang harus kompatibel dengan mainboard laptop yang kamu miliki.

Jika kamu asal pasang saja ada kemungkinan laptop akan mengalami kerusakan total.

Jadi jika mengupgrade VGA laptop yang menggunakan VGA onboard dapat dipastikan caranya sangat rumit dan belum tentu vga yang akan kamu pasang kompatibel dengan laptop yang kamu miliki.

Karena VGA laptop tidak memiliki slot vga card seperti yang terdapat di PC. Yang bisa dicopot dan pasang dengan mudah.

Tetapi jika kamu ingin selalu mengikuti perkembangan game PC yang bisa dimainkan di laptop. Masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa upgrade vga laptop.

Untuk cara upgrade vga laptop lebih lengkap kamu bisa simak penjelasan saya di bawah ini.

Cara Upgrade VGA Onboard di Laptop

Cara Upgrade VGA Laptop

Seperti dijelaskan di atas, kita akan menemukan perbedaaan VGA PC komputer dan Laptop. Di PC Komputer, kita bisa menemukan slot VGA dengan mudah, sedangkan di Laptop kamu tidak akan menemukan slot VGA Card.

Umumnya laptop akan menggunakan VGA onboard yang menempel secara langsung di mainboard atau terkadang beberapa laptop VGA juga terpasang di Prosesor.

Tetapi VGA yang terpasang di prosesor memiliki kelemahan tenaganya kurang kuat dibandingkan yang menempel di mainboard.

Apalagi jika kamu hanya memiliki laptop kelas entry level, laptop bisnis atau laptop pelajar maka dapat dipastikan tidak ada VGA onboardnya.

Jadi kamu tidak akan berharap banyak untuk bisa mengupgrade VGA laptop yang kamu miliki.

Tetapi, ada beberapa merek laptop seperti Clevo dan Sager yang memungkinkan penggunanya untuk mengganti ataupun meng upgrade prosesor dan VGAnya.

Jika kita bandingkan antara komponen PC komputer, komponen VGA laptop lebih mahal. Dan kamu biasanya juga hanya bisa mendapatkan komponennya di official store.

Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa mengganti VGA laptop tidak semudah mengganti VGA PC komputer.

Karena kamu membutuhkan keahlian dan peralatan khusus untuk melakukannya. Karena jika kamu salah melakukannya, ada kemungkinan besar VGA bisa rusak. Bahkan terparah seluruh komponen laptop kamu juga akan mengalami kerusakan.

Jadi jika kamu ingin cara upgrade vga onboard laptop, maka kami simpulkan tidak bisa dilakukan. Solusi terbaik adalah menjual laptop tersebut dan membeli laptop yang memiliki VGA yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tapi adakah cara upgrade vga laptop secara eksternal?

Tentunya ada, berikut ini adalah cara upgrade VGA laptop secara eksternal yang bisa kamu coba.

Cara Upgrade VGA Laptop dengan Menggunakan VGA Eksternal

Jika kamu sudah nyaman dengan laptop kamu gunakan saat ini dan tetap ingin mengetahui cara upgrade vga laptop.

Kamu bisa menggunakan cara upgrade vga laptop dengan menggunakan VGA Eksternal.

Sehingga kamu tidak perlu membeli laptop mahal seperti laptop MSI atau Asus ROG untuk bisa memainkan game GTA V, Crysis 3 ataupun Witcher 3.

Dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih, laptop kamu miliki saat ini tetap bisa melakukan upgrade vga dengan bantuan VGA Eksternal.

VGA Eksternal ini adalah solusi terbaik untuk kamu yang tidak bisa membeli laptop gaming yang mahal dengan harga lebih dari 10 jutaan.

ViDock Nano

Cara Upgrade VGA Laptop

Untuk menggunakan VGA Eksternal ini pastikan kamu memiliki laptop dengan spesifikasi RAM 8GB dan memiliki prosesor Intel Core i5. Jika kamu memiliki spek laptop minimal tersebut, kamu bisa membeli VGA Eksternal bernama ViDock Nano.

VGA Eksternal ViDock Nano ini memiliki harga sekitar Rp 8,4 jutaan. Untuk spek dari ViDock ini memiliki VGA Card MSI GeForce GTC  660 dan power supply 200 watt.

Untuk menggunakannya kamu cukup menghubungkannya menggunakan VGA eksternal ke laptop ataupun layar monitor untuk output dari ViDock Nano.

Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box

Cara Upgrade VGA Laptop

Selain menggunakan ViDock Nano, kamu juga bisa membeli vga eksternal Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box. VGA Eksternal terbaru ini telah menggunakan kartu grafis NVIDIA RTX 20 terbaru yang sudah support untuk memainkan game VR (Virtual Reality).

Selain itu, spesifikasi Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box juga telah dibekali dengan Thunderbolt 3 yang memiliki kecepatan transmisi sampai 40 Gbps.

VGA eksternal ini juga memiliki spek memori 11GB, tipe memory GDDR6, memory clock sampai 12 ribu MHz, GPU clock sampai 1545 Mhz, GPU menggunakan Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti 11 GB, menghasilkan resolusi sampai 7680×4320 pixel dan support untuk 4 monitor.

Tetapi untuk kamu yang ingin menerapkan cara upgrade VGA laptop menggunakan VGA Eksternal Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti 11 GB harus siap mengeluarkan budget cukup mahal sekitar Rp 29 juta.

Penutup

Jadi bagaimana apakah kamu masih ingin menggunakan cara upgrade vga laptop menggunakan vga eksternal dengan harga Rp 8,4 juta sampai Rp 29 juta untuk versi VGA eksternal terbaru?

Jika menurutmu solusi ini terlalu mahal, saran terbaik jual laptop kamu dan beli laptop baru dengan spek vga seperti yang kamu inginkan.

Sekian yang dapat kami jelaskan tentang cara upgrade VGA laptop, sehingga kamu bisa meningkatkan kinerja grafis laptop untuk bermain game dengan grafis terbaik.

Jika menurut kamu VGA Eksternal ViDock Nano dengan harga Rp 8,4 juta sudah cukup untuk mengupgrade vga maka kamu bisa membelinya di toko komputer terdekat ataupun di marketplace.

Jika kamu memiliki budget yang besar, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli VGA Eksternal Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti 11 GB dengan harga Rp 29 jutaan.

Jadi semuanya sekarang tergantung pilihanmu menjual laptop lama mengganti baru atau tetap menggunakan laptop lama dan membeli VGA eksternal.

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment