5 Tips Mudah cek Jaringan 4G HP Kamu!!

Ternyata saat ini masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara untuk mengecek kartu providernya. Apakah kartu yang dipakainya sudah suport layanan 4G ataukah belum. Lalu bagaimana cara cek jaringan 4G HP?

Sebenarnya cara cek HP sudah 4G apa belum mudah saja, namun bagi yang belum tahu akan kami informasikan melalui ulasan lengkap dibawah ini.

1. Cek Jaringan 4G HP Melalui Pengaturan

Cara Cek HP Sudah 4G Apa Belum

Untuk cara cek jaringan 4g HP sudah apa belum yang pertama melalui pengaturan HP Android.

Namun disini saya asumsikan terlebih dahulu kalau kamu sudah memiliki HP yang mendukung jaringan 4G.

Apabila HP yang kamu pakai sudah menggunakan 4G maka kamu bisa mengaturnya terlebih dahulu jaringan tersebut ke LTE. Dan saat kamu masih menggunakan jaringan 3G, maka secara otomatis kamu juga tak akan menemukan tampilan dari jaringan 4G.

Dan pada jaringan 3G ini pada umumnya yang sering terlihat di layar yaitu berupa H+ saja.

Cara untuk melakukan pengecekkannya yaitu sebagai berikut ;

  • Langkah pertama bukalah menu pengaturan atau settings yang terdapat di HP
  • Selanjutnya kamu masuk lagi ke dalam menu jaringan seluler
  • Selanjutnya carilah pengaturan sinyal
  • Setelah itu ganti jenis sinyalnya dari Auto ke LTE Only

Lalu disitu kamu akan mengetahui bahwa kartu yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G ataukah belum, dengan mengubahnya menjadi LTE only.

Adapun untuk ciri-ciri bahwa kartu yang kamu pakai sudah 4G secara otomatis maka sinyal akan berubah menjadi 4G.

Begitu juga sebaiknya apabila kartu yang kamu gunakan belum mendukung 4G maka sinyalnya akan tetap menjadi 3G saja, dan dalam beberapa kasus malah tidak terdapat sinyal.

Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa melakukan pengecekkan dengan menggunakan kode rahasia. Jika kamu ingin menggunakan cara ini maka melalui halaman khusus pengaturan jaringan dan cara ini lebih mudah.

Langkah-langkah cek jaringan 4g HP melalui pengaturan jaringan :

  • Langkah awal kamu buka dulu Dial Phone
  • Apabila sudah terbuka maka ketikkan saja kode “#”#4636”#”#
  • Setelah itu pilih kartu SIM yang akan dicek
  • Selanjutnya aturlah jaringan ke LTE Only

2. Menggunakan Aplikasi Provider yang Digunakan

Cara Cek HP Sudah 4G Apa Belum

Seperti yang sudah kami informasikan diatas bahwa hampir semua provider ayang ada di Indonesia ini memiliki layanan yang berbentuk aplikasi.

Tentu saja kegunaannya banyak sekali. Aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk mengecek kuota, mengecek pulsa, sampai dengan untuk melakukan pengecekkan tagihan kartu pasca bayar.

Jadi melalui aplikasi tersebut ditujukan untuk makin mempermudah penggunanya dalam melakukan hal-hal tersebut.

Selain bisa untuk melakukan pengecekkan seperti diatas, dengan melalui aplikasi juga bisa untuk mengecek status kartu provider yang digunakan.

Disini kamu bisa melihat kartu yang dipakai sudah memiliki jaringan 4G ataukah belum.

Cara cek jaringan 4g HP sudah atau belum yaitu :

  • Langkah pertama lakukan penginstallan terlebih dahulu aplikasi yang digunakan provider. Misalnya disini kami contohkan menggunakan provider Indosat
  • Untuk aplikasinya bernama myIM3 yang bisa kamu download melalui google Playstore.
  • Jika pengisntallan sudah berhasil maka buka aplikasi tersebut
  • Selanjutnya masuk dengan menggunakan nomor HP yang kamu gunakan saat ini
  • Lalu pada halaman utama, kamu pilih icon garis 3 yang terdapat di pojok kanan bawah layar
  • Lalu pilih menu dukungan 4G
  • Dan bisa dlihat bahwa disini akan ditampilkan informasi mengenai dukungan 4G pada kartu yang kamu gunakan.

Dan hampir semua provider yang ada di Indonesia juga memiliki aplikasinya masing-masing. Sehingga usahakan kamu juga tak salah memakainya. Adapun untuk daftar aplikasi yang dimiliki oleh setiap provider yaitu :

Telkomsel                                            My Telkomsel
XL                                                            MyXL
Indosat                                                   MyIM3
Smartfren                                            mySF Self Care
Tri (3) Bima+

Kamu juga bisa menginstal aplikasi tersebut melalui Google playstore. Caranya yaitu dengan mengetikkan salah satu kunci nama aplikasinya.

Kemudian bagi pengguna iPhone maka kamu bisa mengunduh aplikasinya di AppStore.

3. Mengecek Jaringan 4g HP Menggunakan Kode USSD

Cara Cek HP Sudah 4G Apa Belum

Selain itu kamu bisa juga dengan menggunakan kode USSD. Adapun salah satu fungsi dari kode USSD ini adalah untuk membuka halaman pengaturan jaringan.

Jadi secara singkatnya dengan menggunakan kode USSD ini akan membuka sebuah perintah tertentu yang berasal dari sistem Android dan provider.

Perintah dari provider tersebut misalnya mengecek jumlah pulsa, jumlah paket yang dimiliki dan sebagainya.

Namun ternyata masih banyak yang belum tahu kegunaan dari kode USSD ini bisa untuk mengetahui kartu yang dipakai sudah menggunakan 4G ataukah belum.

Adapun untuk kode USSD yang bisa digunakan yaitu :

Telkomsel                                            *888*47#
XL                                                                    *123#

Bagi yang ingin tahu kode USSD yang lainnya maka kamu bisa mencari informasinya di Google.

4. Hubungi Customer Service

Untuk mengetahui kartu yang kamu gunakan sudah support jaringan 4G ataukah belum selain menggunakan cara diatas, kamu juga bisa menggunakan cara lain.

Diantaranya dengan menghubungi customer service dari provider yang kamu pakai. Akan tetapi apabila kamu ingin menggunakan cara ini maka tidak semua operator mendukungnya.

Karena pada umumnya informasi ini sudah ada pada masing-masing aplikasi yang mereka buat. Akan tetapi jika kemu malas untuk mendownload alikasinya maka kamu bisa langsung menelpon ke customer service.

Dan jika kamu sudah terhubung dengan customer servicenya maka kamu bisa menanyakan langsung informasi mengenai kartu yang kamu pakai.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G dengan Mudah

Lalu jika masih menggunakan kartu 3G masihkah bisa diubah ke jaringan 4G? Dan jawabannya adalah bisa saja.

Kamu bisa menggunakan banyak cara yang bisa dicoba. Namun cara yang mudah kamu tinggal datang saja gerai operatornya. Misalnya GraPARI, XL Center, Galeri Smartfren dan gerai operator lainnya.

Disini kamu akan dibantu oleh customer service untuk melakukan proses upgrade dari kartu 3G ke 4G. Meskipun dilakukan upgrade ke jaringan 4G, akan tetapi nomor yang dipakai tidak berubah.

Mengapa Perlu Upgrade ke 4G?

Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan saat sudah menggunakan jaringan 4G, diantaranya yaitu :

  • Mendukung gaya hidup digital. Kamu bisa dengan mudah untuk menikmati layanan digital seperti menonton video live streaming, mendengarkan musik secara streaming, mendownload dan upload tanpa kendala berarti dan lain-lain.
  • Membantu proses bekerja dan belajar jarak jauh. Tanpa disadari saat ini banyak aktifitas yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan internet. Dan untungnya layanan 4G ini sudah tersebar luas dimasyarakat sehingga sangat memudahkan.
  • Meningkatkan produktivitas. Dengan menggunakan internet yang cepat maka akan meningkatkan produktivitas sehingga akan berdampak pada kemajuan ekonomi di Indonesia.
  • Mendukung aktivitas keseharian. Saat ini banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung berbagai aktivitas keseharianmu. Diantaranya yaitu transaksi perbankan, e learning, sampai dengan e health. Saat ini berbagai transaksi perbankan juga bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus keluar rumah terlebih dahulu

Dan tentunya beberapa hal yang disampaikan diatas juga bisa memiliki banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan layanan 4G.

Penutup

Demikian artikel singkat 5 cara mudah cek jaringan 4g HP. Setelah membaca artikel ini kamu sudah bisa mengidentifikasi apakah hp kamu bisa menggunakan 4g atau tidak. Semoga bermanfaat 🙂

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment