7 Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Saat kamu sedang berselancar di internet pasti pernah menggunakan kode captcha namun terjadi error saat akan diverifikasi. Tak perlu khawatir jika kode captcha tidak muncul, karena cara mengatasi captcha tidak muncul cukup mudah.

Nah dibawah ini akan kami berikan penyebab captcha tersebut tidak muncul sekaligus cara mengatasi captcha tidak muncul dengan beberapa langkah mudah.

Penyebab Kode Captcha Tidak Muncul

Jadi saat captcha tersebut tidak muncul, maka tak perlu khawatir. Karena memang kendala seperti ini sudah umum terjadi di internet.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, maka akan kami berikan terlebih dahulu berbagai macam penyebab mengatasi kode captcha tersebut tidak muncul. Simak bersama ulasannya dibawah ini.

1. Bug Internet

Penyebab yang pertama yaitu adanya bug internet. Sebenarnya hal seperti ini juga seringkali terjadi di halaman internet. Kemungkinan hal ini bisa terjadi karena aplikasi yang sedang dipakai pada perangkat.

2. Menggunakan VPN

Saat menggunakan VPN untuk browsing bisa menimbulkan kode verifikasi captcha ini tidak muncul. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan server luar negeri tersebut harus dihindari dan jangan menggunakan VPN.

3. Penggunaan Plugin

Penyebab selanjutnya kenapa kode captcha tidak muncul yaitu penggunaan plugin ataupun program tertentu. Meskipun plugin ini bisa membantu pada saat browsing, akan tetapi pada beberapa plugin ini malah bisa menghambat verifikasi captcha.

4. Browser Belum Update

Saat sedang berinternet, penggunaan browser versi lama akan menyebabkan error pada halaman tertentu. Termasuk berpengaruh juga saat kamu akan memasukkan kode captcha tersebut.

Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Jika captcha tidak muncul pada browser, maka kamu juga harus mencoba beberapa metode untuk bisa mengatasinya.

Karena captcha yang tidak muncul maka akan menyebabkan kamu kesulitan mengakses di halaman berikutnya.

Langsung saja berikut ini beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengatsi captcha tidak muncul.

1. Restart Laptop

Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Captcha yang tidak muncul tersebut bisa jadi karena adanya masalah pada sistem. Meskipun kendala ini jarang sekali terjadi namun bisa saja mempengaruhi kode captcha tidak bisa muncul.

Untuk cara mengatasi captcha tidak muncul kamu bisa melakukan restart di perangkat yang kamu gunakan. Jika sudah melakukan restart maka biasanya jaringan yang bermasalah tersebut bisa kembali lagi normal seperti sedia kala.

Setelah kamu restart maka akan menyegarkan kembali perangkat yang kamu gunakan. Sesudah itu, kamupun sudah bisa memeriksanya apakah kode captcha tersebut sudah bisa dimasukkan ataukah belum.

2. Reload Kembali Captcha

Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Cara mengatasi captcha tidak muncul selanjutnya yaitu dengan cara mereload di bagian captcha. Cara ini mudah sekali untuk dilakukan. Sehingga kamu juga tak perlu khawatir karena kebanyakan website sudah menyediakan fitur reload.

Apabila kamu masih bingung dalam menemukannya maka kamu klik saja ikon refresh di browser yang kamu gunakan. Akan tetapi jika captcha tersebut belum muncul juga maka kamu bisa melakukan cara lain dibawah ini.

3. Refresh Browser

Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Tidak semua website terkadang belum menyediakan fitur reload captcha ini saat kode verifikasi belum muncul. Dan jika hal ini terjadi pada kamu maka kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan refresh browser.

Adapun cara mengatasi apabila captcha tersebut tidak muncul pada kasus ini termasuk mudah dan simpel. Kamu tinggal klik saja ikon reload agar bisa melakukan refresh browser.

Ada cara mengatasi captcha tidak muncul lainnya yaitu dengan menggunakan shortcut tekan tombol F5 di keyboard lalu tunggulah hingga proses refreshnya selesai.

4. Matikan Ekstensi Adblock

Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Kemudian kamu juga bisa menggunakan metode lainnya saat mengatasi captcha tidak muncul yaitu dengan mematikan adblock. Walaupun kamu mungkin lebih nyaman saat melakukan browsing dengan menggunakan adblock, akan tetapi kamu juga bisa matikan fitur ini sementara.

Dan saat kamu menemui kendala captcha tidak bisa muncul maka kamu juga bisa mematikan adblock dengan cara mengatasi captcha tidak muncul dibawah ini :

  • Untuk langkah awal kamu jalankan browser dengan menggunakan adblock
  • Adapun contoh ekstensi yang dipakai yaitu Google Chrome
  • Selanjutnya kamu klik tanda titik tiga kemudian pilih menu settings
  • Berikutnya kamu perhatikan beberapa menu yang ditampilkan pada sebelah kiri
  • Lalu klik menu Extensions
  • Dan berbagai ekstensi yang sudah terinstall pada Google Chrome akan ditampilkan
  • Untuk mematikannya maka tinggal klik remove di ekstensi Adblock
  • Selesai

Dan jika kamu memilih opsi remove ekstensi kemudian akan menggunakannya kembali maka kamu tinggal memasang lagi. Untuk contoh ekstensi yang banyak dipakai yaitu Google Chrome.

Kemungkinan bagi yang menggunakan browser lainnya, langkah yang harus dilakukan juga tak jauh berbeda dengan cara diatas. Sehingga kamupun bisa menyesuaikannya dengan browser yang kamu gunakan.

Akan tetapi pada dasarnya pengguna tinggal cari saja plugin yang tepat yang ada di menu pengaturan pada masing-masing browser.

5. Membersihkan Data, Cache, serta Cookies Web Browser

Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul

Menggunakan web browser dalam waktu yang lama maka akan membuat data riwayat browsing menjadi menumpuk.

Hal itu akan menyebabkan kode verifikasi menjadi tidak muncul. Sehingga cobalah kamu untuk selalu membersihkan data, cookies serta cache yang terdapat di web browser yang kamu gunakan.

Apabila kamu masih bingung untuk menghapus data web browser maka kamu bisa lakukan cara dibawah ini.

Jika kamu menggunakan PC dengan browser seperti google chrome ataupun yang lainnya maka tinggal tekan tombol CTRL + Shift + Delete.

6. Coba Lagi Besok

Apabila kamu masih saja belum bisa mengatasinya maka kamu bisa mencobanya kembali nanti atau besok.

Karena bisa saja terdapat permasalahan pada sistem Captcha sehingga tidak mau muncul. Dan permasalahan seperti ini seringkali terjadi terutama pada situs yang diserang bot.

7. Ganti Koneksi Internet

Meskipun kamu sudah melakukan berbagai metode diatas namun kode captcha belum juga muncul tentunya kamu juga bingung untuk mengatasinya.

Nah hal itu juga bisa terjadi karena koneksi internet yang digunakan. Misalnya tidak stabil atau lemot. Sehingga kamu bisa mencobanya untuk mengganti koneksi internet yang dipakai.

Karena koneksi intenet yang kamu gunakan ini juga berpengaruh. Terutama untuk speed yang digunakan yang bisa membuat proses loading captcha mengalami masalah.

Dan untuk cara mengatasi captcha tidak muncul maka kamu bisa menggunakan koneksi internet lainnya.

Koneksi internet tersebut bisa dilakukan penggantian mulai dari providernya yang digunakan. selain itu penggantian koneksi juga bisa dari perangkat yang digunakan.

Contohnya apabila sebelumnya kamu menggunakan wifi lalu beralih ke hotspot data seluler teman.

Kamu bisa melakukan cara ini untuk sementara waktu hingga proses verifikasi kode captcha tersebut bisa berhasil.

Selain pernah mengalami permasalahan captcha tidak bisa muncul, kamu juga pasti pernah mengalami kode captcha selalu salah, misalnya saat penginputan.

Namun apabila kamu memasukkan kode captcha tersebut sudah benar namun salah terus maka kamu juga perlu mengganti alamat IP pada perangkat yang kamu gunakan.

Karena kemungkinan terjadi masalah pada lamat IP yang sekarang.

Penutup

Demikian 7 opsi Cara Mengatasi Captcha Tidak Muncul yang bisa kamu coba satu persatu satu.

Cobalah perlahan dari opsi yang paling awal.

Semoga kendala kamu bisa teratasi dan artikel ini membantu. Terima kasih 🙂

Leave a Comment