3 Perbedaan Adobe CC dan CS dari Berbagai Sisi yang Kamu Harus Tau!!

Terdapat perbedaan Adobe CC dan CS dari beberapa segi. Mungkin kamu sering mendengar mengenai kedua tipe tersebut namun tidak mengetahui perbedaannya.

Terdapat beberapa software yang tergabung ke dalam Adobe diantaranya adalah:

  • Photoshop
  • After Effect
  • Illustrator
  • Premiere
  • dan lain sebagainya.

Adobe CC (Creative Cloud) merupakan versi software yang mendukung sistem cloud computing. Sehingga kamu dapat menyimpan file project secara online.

Tipe ini biasa dipakai dalam pekerjaan tim. Karena memungkinkan orang lain untuk mengakses file project secara mudah. Dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Sementara Adobe CS (Creative Suite) tidak mendukung sistem cloud computing sehingga file project hanya dapat disimpan secara offline. Meskipun begitu, peminat dari tipe software ini tidak sedikit.

Perbedaan Adobe CC dan CS dari Segi Lisensi

Perbedaan Adobe CC dan CS

Secara umum, Adobe CC dan CS berbeda dalam segi penyimpanan online dan offline. Namun selain itu masih ada perbedaan lain dari keduanya. Salah satunya ialah dari segi lisensi.

Pada Adobe CC, kamu wajib memperpanjang lisensi dalam rentang waktu tertentu. Rentang waktunya sendiri bervariasi. Mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga satu tahun.

Karena sistem yang dipakai adalah sewa, bukan kepemilikan penuh.

Lamanya rentang waktu mempengaruhi harga lisensi. Semakin lama rentang waktu maka harganya juga menjadi lebih mahal.

Apabila tidak melakukan perpanjangan lisensi, software tidak dapat kamu gunakan.

Tersedia berbagai pilihan paket biaya sewa yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Diantaranya ialah paket desain, bisnis, hingga institusi pendidikan. Perbedaan Adobe CC dan CS terletak pada sistem lisensi.

Pada Adobe CS tidak perlu melakukan perpanjangan lisensi.

Karena kamu hanya perlu membelinya satu kali saja. Pembelian lisensi tersebut akan berlaku selamanya. Sehingga lebih praktis bagi kamu yang hanya membutuhkan penyimpanan file project secara offline.

Lisensi pada Adobe CS tersebut dapat berlaku seumur hidup dan dapat dipakai untuk dua komputer, laptop dan PC kantor. Sehingga tergolong praktis karena pembelian hanya diawal.

Perbedaan Adobe CC dan CS dari Segi Instalasi

Perbedaan Adobe CC dan CS

Dalam memasang Adobe CC kamu perlu membuat akun Creative Cloud Account. Karena akun tersebut akan digunakan dalam menyimpan file project.

Tanpa melakukan log in melalui akun tersebut, kamu tidak akan bisa menjalankan software.

Keunggulannya ialah tidak perlu melakukan instalasi pada setiap komputer pengguna.

Kamu dapat mengatur siapa saja yang boleh mengakses software. Pengaturan ini dapat dilakukan melalui halaman Adobe Console.

Hak lisensi yang kamu miliki dapat mencegah orang lain menggunakan software secara gratis dan bebas. Karena pengaturan penuh ada di tangan pemilik lisensi.

Sementara pada Adobe CS kamu hanya perlu melakukan proses instalasi seperti biasa.

Hanya perlu menjalankan software seperti biasa tanpa perlu membuat akun tertentu. Karena nanti file hanya disimpan dalam penyimpanan perangkat.

Sehingga apabila membutuhkan software pada komputer lain maka harus melakukan instalasi secara manual.

Misalnya saja membutuhkan terinstallnya software pada komputer para pegawai di kantor.

Selain itu, terkadang juga membutuhkan instalasi pada laptop pribadi. Karena umumnya membutuhkan lembur pada kondisi tertentu sehingga dapat dilakukan di rumah memakai laptop pribadi.

Karena terhubung dengan cloud, Perbedaan Adobe CC dan CS juga terjadi dalam hal fitur.

Adobe CC mengalami update secara berkala dan lebih baru daripada tipe CS. Sehingga kamu bisa menikmati fitur baru lebih cepat.

Sementara Tipe CS akan mengalami update lebih lambat. Sehingga kamu perlu menunggu beberapa waktu hingga pihak Adobe menyediakan fitur baru pada tipe CS.

Perbedaan Adobe CC dan CS dari Segi Penyimpanan

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa Adobe CC mendukung sistem cloud computing. Kapasitas yang disediakan ialah sebesar 20GB. Sehingga kamu dapat menyimpan, mengelola dan berbagi file project secara online.

Tipe ini banyak diminati oleh pengguna yang enggan memenuhi penyimpanan perangkat dengan file project. Sehingga merasa lebih nyaman apabila dapat menyimpannya secara online. File juga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Fitur ini membuat kegiatan berbagi file menjadi lebih praktis. Kamu tidak harus melakukan kegiatan mengcopy atau mengirim file.

Cukup memberikan akses kepada orang yang kamu inginkan dan proses tersebut tidak membutuhkan banyak waktu.

Sementara kapasitas penyimpanan Adobe CS bergantung dari besarnya harddisk atau SSD perangkat yang kamu gunakan.

Apabila kapasitas pada laptop atau komputer tergolong kecil, dapat menambahkan harddisk eksternal.

Peminat dari penyimpanan offline ini cukup banyak. Karena tidak membutuhkan akses internet ketika ingin menyimpan file. Sehingga banyak orang merasa hal ini lebih praktis untuk dilakukan.

Akan tetapi, apabila ingin berbagai file maka membutuhkan lebih banyak waktu. Karena harus membagikannya melalui flashdisk, harddisk eksternal, maupun email. Proses tersebut berlangsung lama dan dapat memakan banyak penyimpanan.

Adobe merupakan perusahaan yang populer dalam menciptakan software grafis dan video editing. Akan tetapi, terdapat perbedaan Adobe CC dan CS yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk menggunakan software terkait.

Photo of author

Prabowo

Seorang konsultan pajak yang menyukai teknologi dan blogging.

Leave a Comment