7+ Perbedaan Baterai Removable dan Non Removable Wajib Kamu Tahu

Saat ini mayoritas baterai smartphone yang diproduksi adalah Non Removable, meskipun tipe Removable battery juga masih terjual hingga saat ini.

Terdapat perbedaan baterai removable dan non removable yang wajib kamu tau.

Kedua jenis ini pasti memiliki fungsi utama yaitu memberi energi kepada handphone agar menyala.

Namun kedua jenis ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, dan pada artikel ini kamu dapat menentukan jenis baterai apa yang sesuai dengan keinginan kamu.

Apa Itu Baterai Removable?

Sesuai dengan namanya baterai removale adalah jenis baterai pada handphone yang bisa dilepas alias bisa dicabung pasang.

Baterai jenis ini tentu memiliki komponen terpisah dari badan handphone itu sendiri.

Karakteristik handphone yang menggunakan baterai removable adalah casing belakang yang bisa dibuka dan handphone mudah diperbaiki apabila terjadi kendala error pada baterai.

Keunggulan dan Kelemahan Removable Battery

Dalam setiap versi pasti memiliki nilai keunggulan serta kelemahannya masing-masing, maka dari itu setiap pengguna diberikan pilihan untuk memilih yang menurut mereka sesuai dengan kebutuhan serta kelemahan dari versi tersebut masih bisa ditolerir.

perbedaan baterai removable dan non-removable

1. Mudah untuk Restart

Disaat handphone dalam keadaan eror atau hang, entah disebabkan oleh overheat atau terkena air biasanya pengguna secara otomatis mengeluarkan baterai. Ini merupakan cara terakhir yang biasa pengguna lakukan adalah me-restart handphone.

Apabila kamu memiliki handphone dengan tipe removable battery, maka cara ini dapat dilakukan. Dengan membuka cover belakang smartphone, kemudian mengeluarkan baterai lalu memasukannya lagi.

Biasanya handphone akan kembali dalam keadaan seperti semula. Perbedaan baterai removable dan non removable adalah cara ini akan sulit, apabila handphone kamu memiliki tipe non removable battery.

2. Mudah untuk Mengganti Baterai

Biasanya setiap baterai memiliki daya tahan dalam waktu tertentu, sehingga apabila smartphone kamu menggunakan tipe Removable Battery proses penggantiannya akan cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Salah satu perbedaan baterai removable dan non removable adalah para pengguna tidak perlu repot untuk mencari tipe apa yang mereka perlukan. Karena dengan tipe removable battery, maka pengguna dapat memeriksa sendiri apa tipe baterai tersebut.

3. Mempermudah Aksi Para Pencuri

Karena baterai dapat dibuka, para pencuri bebas untuk melancarkan aksinya dengan mematikan semua akses remote bagi para penggunanya. Sehingga handphone tidak dapat terlacak, dan pengguna juga tidak bisa mencari tahu keberadaannya.

Perbedaannya dengan non removable battery adalah meskipun para pencuri dapat mematikan handphone dengan tombol power, kamu masih memiliki peluang untuk melacak handphone apabila pencuri sewaktu-waktu menyalakan handphone tersebut.

Bisa dibilang dengan non removable battery, kamu dapat meminimalisir risiko apabila handphone kamu tercuri. Ini merupakan salah satu kelemahan dari removable battery.

4. Desain Handphone Terlalu Tebal

Perbedaan baterai removable dan non removable adalah biasanya smartphone dengan tipe removable battery memiliki desain yang terlalu tebal, sehingga bobot akan lebih berat serta pengguna akan kurang nyaman saat menggenggamnya.

Namun bagi kamu yang tidak masalah dengan kelemahan satu ini, sepertinya bukan masalah besar apabila smartphone masih bisa berjalan dengan semestinya. Selain itu, masih banyak desain smartphone yang dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan selera.

Apa itu baterai non removable?

Kebalikan dari baterai removable, jenis baterai ini menempel atau menyatu dengan mesin handphone itu sendiri.

Dengan kata lain kamu tidak bisa mencabut pasang baterai karena merupakan satu kesatuan.

Saat ini jenis baterai inilah yang mainstream digunakan oleh pabrikan handphone masa kini.

Non Removable Battery, Kelebihan dan Kekurangannya

Biasanya non removable dimiliki oleh smartphone dengan sistem operasi IOS, sedangkan removable battery kebanyakan ditemui oleh smartphone dengan sistem operasi Android.

Berikut kami akan memberi tau apa saja kelebihan serta kekurangannya.

1. Desain Elegan

Salah satu kelebihannya adalah kamu bisa memiliki smartphone dengan model elegan dan bobot ringan. Karena memiliki tipe non removable battery, para penggunanya dapat menggenggam smartphone tersebut dengan nyaman dan ringan.

Selain itu cover belakang handphone biasanya dilapisi logam, karena cover tersebut tidak bisa dibuka berbeda dengan removable battery. Modelnya lebih stylish dan modern, serta apabila terjatuh cover belakang tidak akan terbuka dan baterai aman didalamnya.

2. Daya Baterai lebih Tahan Lama

Perlu diakui bahwa salah satu perbedaan baterai removable dan non removable adalah non removable battery memiliki daya tahan yang jauh lebih baik. Sehingga sudah banyak produsen smartphone menggunakan tipe non removable battery.

Kelebihan lainnya adalah smartphone tidak cepat lowbat, sehingga kualitasnya akan lebih lama terjaga. Ini kelebihan yang memang sengaja dikembangkan oleh para produsen, agar para penggunanya tidak kesulitan.

3. Sulit Mengganti Baterai

Karena menggunakan baterai tanam, para pengguna biasanya memerlukan seorang ahli yang dapat menggantinya. Kondisi baterai tidak mudah untuk dibuka, agar tidak salah langkah kamu bisa meminta tukang service.

Dan tentunya hal ini akan menambah biaya lebih yang perlu kamu persiapkan, apabila baterai sedang bermasalah. Selain itu setiap counter, tidak selalu menyediakan jenis baterai yang kamu perlukan sehingga memerlukan waktu untuk memperbaikinya.

Harga Jual Jatuh

Beberapa customer lebih memilih tipe removable battery, karena dinilai memiliki kelebihan dari segi kemudahan pemakaiannya. Oleh karena itu biasanya smartphone dengan tipe seperti ini memiliki harga yang lumayan jatuh daripada saat kamu baru membelinya.

Perbedaan Baterai Removable dan Non Removable

Perbedaan kedua jenis ini dapat dilihat dari kelebihan dan kelemahannya masing-masing, namun para pengguna pasti kebutuhan yang mungkin dapat dipenuhi oleh salah satu jenis baterai tersebut.

Perbedaan yang cukup signifikan dari kedua jenis ini adalah letak SIM card, pada removable battery SIM card akan berada di belakang baterai. Sehingga bila kamu ingin mengganti SIM card, maka baterai juga perlu dibuka.

Berbeda dengan non removable battery, kamu akan menemukan tray SIM pada bagian samping handphone. Dan memerlukan alat khusus seperti peniti, agar tray SIM dapat dibuka.

Bisa dilihat dari perbedaan baterai removable dan non removable ini, terdapat kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun menurut pengetahuan saya hal pertama yang para customer perhatikan adalah desain.

Sehingga para produsen lebih mempertimbangkan desain tersebut dibanding dengan kelebihannya. Produsen lebih banyak memproduksi smartphone dengan tipe non removable battery, karena dinilai memiliki desain yang lebih disukai oleh para konsumen.

Meskipun begitu, kelemahan yang dimiliki non removable battery masih dapat ditutupi oleh kelebihannya. Smartphone kini berkembang pesat dengan kemajuan-kemajuan yang setiap harinya terjadi perubahan.

Para produsen berlomba-lomba untuk mencari keunggulan yang bisa mereka temukan. Perbedaan baterai removable dan non removable tentunya merupakan salah satu kemajuan yang dapat mereka temukan, dan mungkin saja suatu hari nanti dapat lebih berkembang.

Leave a Comment